Pemain Arema Apresiasi Aturan Yel-Yel Antirasis

MALANG KOTA – Gelaran Yel-Yel dan Koreografi Gumebyar Aremania Smartfren mendapat banyak apresiasi banyak pihak. Acara yang bakal digelar perdana 18 Agustus di arena Car Free Day (CFD) Jalan Simpang Balapan itu dinilai positif dan menjadi ajang apresiasi kreativitas Aremania.

Hal itu diungkapkan pemain Arema Makan Konate. Menurut dia, lomba yang digelar Jawa Pos Radar Malang kerja bareng dengan Smartfren itu sangat bagus untuk Aremania. ”Selama ini mereka kreatif dan mendukung kami ke mana saja untuk bisa menang,” terangnya.

Konate juga mengapresiasi keputusan panitia yang memberikan aturan tegas terkait materi yel-yel yang dilombakan. ”Apalagi ada ketentuan yel-yel ini antirasis, sangat bagus sekali,” tambahnya.

Menurut dia, sudah sepatutnya yel-yel tak mengandung unsur rasis, SARA, maupun bermuatan kata-kata menghujat. ”Itu seharusnya tidak hanya dilakukan Aremania, tapi semua suporter di Indonesia,” terangnya.

Sementara itu, panitia Yel-Yel dan Koreografi Gumebyar Aremania Smartfren dipastikan bakal menyiapkan panggung khusus di arena CFD sebagai tempat  peserta tampil.



Namun hingga kini, panitia tetap membatasi untuk 100 pendaftar pertama saja yang bakal tampil. ”Karena itu, bagi Aremania yang belum mendaftar, segera mendaftar,” ujar Manajer Event Jawa Pos Radar Malang M. Atho’illah.

Atho’ menambahkan, pihaknya sengaja membatasi 100 pendaftar pertama dengan pertimbangan waktu pelaksanaan CFD yang dimulai pukul 06.00–10.00. Atho’ memperkirakan, ajang Yel-Yel dan Koreografi Aremania Smartfren akan dibagi dalam lima kali pertunjukan.

Perform pertama 18 Agustus, 25 Agustus, 1 September, lalu 8 September, dan 22 September. ”Ini terbuka bagi Aremania dari mana pun berasal. Tidak harus berdomisili di Malang. Yang pasti, setiap tim harus beranggotakan minimal 20 orang dan maksimal 25 orang,” bebernya.

Untuk pendaftaran bisa dilakukan di kantor Jawa Pos Radar Malang di Jalan Kawi 11-B (Kota Malang), Radar Kanjuruhan (Pepen, Pakisaji), Radar Batu di Jalan Pattimura (Kota Batu), dan kantor Smartfren di Jalan Cokelat, Lowokwaru.

Selain yel-yel dan koreografi, dalam  event ini juga ada lomba lain yang bisa diikuti. Yakni, Aremania Show. Setiap tim minimal harus beranggotakan lima orang. Sementara maksimalnya, tidak dibatasi.

Untuk pendaftaran Aremania Show, setiap tim cukup membayar Rp 50 ribu. Konsepnya, Aremania nanti bisa beratraksi di tempat-tempat yang mereka pilih mulai tanggal 11–17 Agustus mendatang. Panitia akan datang ke lokasi untuk melakukan penilaian secara langsung.

Pewarta : Aris Dwi Kuncoro
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : ahmad Yani