Pelatih MU Sebut Wasit Thoriq Alkatiri Layak Masuk Buku Rekor Dunia

Pelatih MU Sebut Wasit Thoriq Alkatiri Layak Masuk Buku Rekor Dunia - JPNN.com

Pelatih Madura United Rasiman (tengah) dalam jumpa pers usai laga kontra Persija. Foto: Amjad/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA – Sejumlah keputusan wasit Thoriq Alkatiri dalam laga Liga 1 2019 antara Persija vs Madura United (MU), di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (13/12) malam, menjadi sorotan. Laga itu sendiri berakhir 4-0 untuk kemenangan Persija.

Pelatih Madura United Rasiman mengatakan, keputusan Thoriq yang memberikan tiga penalti ke Persija memang mutlak milik wasit.

Namun, Rasiman juga heran kenapa bisa hadiah tiga penalti diberikan dalam waktu singkat.

“Keputusan penalti tak bisa komentar, itu hak penuh wasit. Namun, kejadian ini menunjukkan bahwa teknologi video assistant referee (VAR) memang diperlukan buat sepak bola Indonesia. Biar tidak ada polemik,” ujarnya.

“Kami ucapkan, Thoriq (Alkatiri), dia layak masuk Guinness World Records (The Guinness Book of Records-red). Di satu babak ada tiga penalti yang jangka waktunya hanya 20 menit. Itu juga bisa masuk buku rekor MURI,” imbuhnya.

Dalam laga ini Persija mendapat tiga penalti yang semuanya berhasil dieksekusi oleh Marko Simic masing-masing pada menit ke-21, 29, dan 45.

Gol Persija yang tak berasal dari titik putih hanya melalui kaki Ramdani Lestaluhu pada menit ke-26. Dengan kemenangan ini, Persija berhasil mengumpulkqn 41 poin dan lolos dari zona degradasi. (dkk/jpnn)