Pelatih Anyar Persebaya Punya Segudang Prestasi | JawaPos.com

Pelatih Anyar Persebaya Punya Segudang Prestasi | JawaPos.com

JawaPos.com – Djadjang Nurdjaman bukan pelatih biasa di sepak bola Indonesia. Da adalah salah satu pribadi yang sukses sebagai pemain maupun pelatih. Pelatih yang akrab disapa Djanur ini juga sangat identik dengan Persib Bandung.

Semasa masih menjadi pemain, Djanur sukses membawa Persib Bandung juara kompetisi Perserikatan 1986. Hebatnya, Djanur menjadi pencetak gol kemenangan Persib atas Perseman Manokwari. Laga ini berakhir dengan skor tipis 1-0.

Berikutnya, Djanur membawa Maung Bandung juara Perserikatan musim 1989-1990. Pada saat itu Persib mengalahkan Persebaya dengan skor 2-0. Dua gol kemenangan Persib dicetak Subangkit (bunuh diri) dan Dede Rosadi.

Setelah sukses sebagai pemain, Djanur mulai mendapat kepercayaan sebagai asisten pelatih. Debutnya sebagai asisten terjadi pada kompetisi Perserikatan musim 1993-1994. Djanur kembali sukses mengantarkan Persib yang terbaik di Indonesia.

Selanjutnya pada Liga Indonesia I 1995, masih sebagai asisten pelatih, Djanur berhasil membawa Maung Bandung juara. Pada saat itu Persib mengalahkan Petrokimia Putra dengan skor tipis 1-0 di partai final.

Selanjutnya Djanur mulai mengabdi dengan menangani tim U-15. Ia meniti karir sebagai head coach hingga ke tim Persib U-23. Djanur diangkat sebagai pelatih tim utama Persib sejak 2012.

Hasilnya sangat bagus. Djanur membawa Persib menjuarai kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2014. Setelah itu ia mempersembahkan gelar Piala Presiden 2015 dan Piala Walikota Padang 2015 untuk Persib.

Pasca terdepak dari Persib, Djanur hijrah ke PSMS Medan. Hasil kerjanya berbuah manis. Djanur membawa tim berjuluk Ayam Kinantan ini menjadi runner up Liga 2 2018, sekaligus promosi ke Liga 1 2018.

Sabtu (25/8) petag, Djanur diumumkan sebagai pelatih anyar Persebaya Surabaya. Ia menggantikan Angel Alfredo Vera. Patut ditunggu kiprah Djanur bersama Green Force.

(saf/JPC)