Peduli Lingkungan, Ajak Siwa Jaga Taman

Ikut menjaga kelestarian lingkungan menjadi pelajaran penting bagi murid SDN Beji 1, Kecamatan Beji, Kota Batu. Salah satunya ialah memanfaatkan tepian sungai di dekat sekolah dan menjadikannya taman yang menyenangkan untuk bermain dan belajar. Selain nyaman karena sejuk dan rindang, di taman dengan panjang sekitar 15 x 4 meter itu juga terdapat greenhouse. Plengsengan sungai yang awalnya kusam kini tampak semarak oleh cat warna-warni.

KOTA BATU – Ikut menjaga kelestarian lingkungan menjadi pelajaran penting bagi murid SDN Beji 1, Kecamatan Beji, Kota Batu. Salah satunya ialah memanfaatkan tepian sungai di dekat sekolah dan menjadikannya taman yang menyenangkan untuk bermain dan belajar. Selain nyaman karena sejuk dan rindang, di taman dengan panjang sekitar 15 x 4 meter itu juga terdapat greenhouse. Plengsengan sungai yang awalnya kusam kini tampak semarak oleh cat warna-warni.

Kepala SDN Beji 1 Mariatul Kiftiyah menjelaskan, sebelum ini, lokasi itu memang sudah taman. Namun, tidak terlalu menarik bagi para siswa-siswa. Akhirnya, taman tersebut dipercantik lagi dengan menambah bunga-bunga serta greenhouse. ”Untuk memperindah dan melengkapi, kami tambah greenhouse-nya. Dulu tidak ada,” terang dia.

Dia menjelaskan, taman ini dihadirkan agar lingkungan sekolah lebih hijau dengan tumbuhan. Sehingga, sekolah jadi sejuk dan nyaman sebagai tempat beraktivitas.

Selain itu, lanjut Mariatul, keberadaan taman tersebut juga sebagai sarana siswa belajar tentang lingkungan. ”Ya, yang utama memang untuk mempercantik lingkungan sekolah dan melatih siswa untuk membudayakan cinta lingkungan,” kata dia.

Dia berharap para siswa betah berlama-lama di sekolah dengan adanya taman ini. Suasana sejuk juga akan mendukung siswa semangat belajar. Tidak hanya di akademiknya, tapi juga tentang peduli lingkungan. ”Kami juga rutin kerja bakti di sekolah,” kata Mariatul.



Untuk kelas 3, 4, 5, dan 6, kerja bakti digelar hampir setiap Sabtu dan bergiliran. ”Itu di luar piket kelas. Siswa juga kami anjurkan tetap menjaga kebersihan,” terang Mariatul.

Lebih dari itu, kerja bakti di SDN Beji 1 tidak hanya mengajak siswanya, tapi juga orang tua siswa. ”Pada hari Bumi (22 April) lalu, kami ajak paguyuban (kelompok orang tua siswa) untuk turut kerja bakti. Semuanya menyambut baik aktivitas itu,” terang dia.

Pewarta :Aris Dwi
Penyunting :Ahmad Yani
Copy Editor : Arief Rohman
Foto : Darmono