PDIP-PKS Mulai Panasi Mesin Partai

MALANG KOTA – Parpol lain pun juga mulai melakukan pemanasan mesin partai. Salah satunya, konsolidasi internal yang terus dilakukan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Malang. Ketua DPC PDIP Kota Malang Arief Wicaksono menyatakan, konsolidasi tersebut untuk menggerakkan mesin partai.

”Pertemuan rutin tersebut digelar lima kali dalam seminggu di tingkat PAC. Kami semua bergotong royong untuk menyolidkan partai,” ujar Arief.

Menurut dia, keberhasilan memenangkan Dewanti Rumpoko pada Pilkada Kota Batu, Februari lalu, memberikan pelajaran gotong-royong untuk bisa menggerakkan mesin partai. Gotong-royong tersebut dari semua elemen, mulai dari anak ranting, ranting, PAC, DPC, dan fraksi.

”Kami tidak ingin seperti kejadian Pilkada Kota Malang pada 2013 (kader PDIP) yang tercerai berai hingga akhirnya tak mendapatkan hasil,” tambah pria yang juga menjabat ketua DPRD Kota Malang itu.

Dia menyampaikan, sebagai partai pemenang pemilu, PDIP tentu akan berhitung dalam menghadapi segala kemungkinan menjelang pilkada 2018. Dengan begitu, pihaknya tak ingin gegabah supaya membuahkan hasil yang terbaik.

”Di tingkat anak ranting bahkan saat ini sudah mencapai sekitar 576 pengurus tingkat RW,” tegasnya.

DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Malang juga telah mengadakan rapat koordinasi daerah (rakorda) pada akhir Maret lalu. Rakor itu diikuti oleh seluruh bidang kerja di DPD Kota Malang.

Ketua DPD PKS Kota Malang Ernanto Djoko Purnomo pun mengungkapkan, rakorda tersebut untuk mengevaluasi kinerja partai sepanjang 2016 dan menyusun program baru untuk tahun 2017.

”Tahun ini, PKS menitikberatkan programnya pada pengokohan struktur organisasi dan kinerja partai agar makin diterima masyarakat. Tentunya juga dalam menyambut pemilu 2018,” tegas Djoko.

Pewarta: Nurlayla Ratri
Penyunting: Abdul Muntholib