Paulus Waterpauw Batal Nyalon Pilgub Papua, Polri: Enak Jadi Kapolda

Bahkan terdengar isu Kepala Korps Brimob Irjen Pol Murad Ismail akan maju di Pilgub Maluku, Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol Safaruddin di Pilgub Kaltim, Wakalemdiklat Polri Irjen Pol Anton Charliyan di Pilgub Jawa Barat, Pangkostrad Edy Rahmayadi di Sumatera Utara serta Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Paulus Waterpauw.

Khusus nama terakhir belakangan dikabarkan batal nyalon.

Kabar ini dibenarkan Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Setyo Wasisto. Setyo menjelaskan bahwa Paulus urung maju dalam kontestasi Pilgub Papua.

“Saya belum dapat informasi lagi, Pak ini aja mundur kan, Kapolda Sumatera Utara Irjen Paulus Waterpauw, nggak jadi,” kata Setyo di Komplek Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (2/1).

Menurut Setyo, batalnya Irjen Paulus Waterpauw maju dalam kontestasi Pilkada 2018, karena masih ingin mengabdi sebagai anggota Polri. Ditambah lagi, masa pensiun Paulus masih lama. “Sudah enak jadi Kapolda,” ungkap Setyo.

Dalam kesempatan itu, Setyo mengimbau kepada anggotanya yang maju dalam Pilkada 2018, untuk segera mengundurkan diri dari Korps Bhayangkara usai melakukan pendaftaran. Hal itu dilakukan agar kenetralan Polri pada pemilihan umum tetap terjaga.

“Begitu mendaftar, ditetapkan sebagai calon, baru mengundurkan diri,” tandas Setyo.


(rdw/JPC)