Paten Apple Pencil Dukung Kamera dan Gesture Control Lebih Canggih

JawaPos.com – Apple Pencil yang hadir untuk tablet iPad menjadi salah satu stylus paling canggih yang pernah ada. Stylus pen itu itu diketahui mendukung beberapa gerakan dasar seperti ketuk dua kali pada pena itu sendiri, dan menentukan aksi selanjutnya pada perangkat iPad.

Merasa belum cukup canggih, Apple dikabarkan bakal melakukan upgrade pada Apple Pencil untuk sejumlah peningkatan. Menurut paten baru yang mengemuka di Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat (AS), USPTO, sebagaimana dilansir JawaPos.com dari GSMArena, Senin (13/1), Apple sedang mengerjakan pena stylus generasi mendatang yang memiliki gerakan atau gesture control yang lebih maju.

Paten ini menggambarkan stylus dengan area yang fleksibel dan peka sentuhan. Nantinya, stylus baru itu akan dapat mengenali berbagai gerakan tergantung pada penempatan ujung jari pengguna, misalnya gerakan menggesek dan sebagainya.

Paten kemudian menjelaskan bahwa pengguna yang memegang pena tidak akan berinteraksi dengan layar secara langsung. Gesekan dan gerakan akan diterapkan ke dalam pena sehingga user nantinya dapat mengontrol semua yang ada di layar hanya menggunakan stylus.

Paten lain yang bahkan lebih ambisius yakni menggambarkan Apple Pencil yang memiliki kamera di ujungnya. Stylus tersebut dibekali dengan mesin haptic canggih yang dapat mensimulasikan perasaan menggambar seperti di atas kertas sungguhan.

Stylus tersebut akan dapat merekam berbagai jenis permukaan menggunakan kamera. Stylus kemudian dapat menampilkannya di layar iPad saat user menggunakannya untuk menggambar.