Pasukan Ramang Peringkat Delapan Soal Akurasi Umpan Silang

Imbang Lawan Persipura, PSM Sukses Mengudeta Puncak Klasemen - JPNN.COM

jpnn.com, MAKASSAR – PSM Makassar masih menjadi tim paling bagus dari seluruh kontestan Liga 1 2018 dalam hal umpan silang. Akurasi umpannya pun cukup bagus. Cukup berbahaya.

Hingga pekan ke-20, akurasi umpan silang seluruh klub kontestan Liga 1 tidak satupun yang mencapai angka 50 persen.

Khusus PSM, hanya 356 kali melepaskan umpan silang. 133 di antaranya sukses. Persentasenya cukup tinggi. Mencapai 36,5 persen.

Tim yang paling banyak melepaskan umpan silang adalah Persija dengan 488 umpan silang dan 140 berhasil. Persentase akurasi umpan silangnya 28,6 persen. Jika dilihat berdasarkan jumlah maka Persija menjadi yang terbanyak.

Selain menjadi klub yang paling banyak melepaaskan umpan silang, untuk individu ada nama Ismed Sofyan. Ia melepaskan 157 kali umpan silang dengan tingkat akurasi 30 persen.

Adapun PSM, terbaik dimiliki M Rahmat dengan 64 kali melepaskan umpan silang dengan akurasi 25 persen. Hanya saja, siapa yang paling baik dalam urusan umpan silang, Boas Solossa adalah orangnya. Akurasinya 38 persen dari total 104 umpan silang.

Pengamat sepak bola, Danurwindo mengatakan, skema permainan long ball sudah menjadi tren di Liga 1. Tetapi, penerapannya belum maksimal. Maish banyak yang belum bisa melepaskan umpan silang secara akurat.

Dia melihat, sebagian besar pemain masih asal memberi umpan silang dengan harapan bola tersebut disambut rekannya. Juga, terkadang masih mengandalkan kesalahan lawan.