Pastikan Publikasi Media Sosial Lancar, Kajur di UIN Malang ini Turun Langsung Jadi Admin Medsos

KOTA MALANG- Saat memasuki ruangan Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA) UIN Malang, jangan kaget jika nampak beberapa gadget yang menumpuk di salah satu meja. Meja tersebut bukanlah meja pegawai Teknologi Informatika (TI) jurusan BSA. Namun, itu merupakan meja Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA) UIN Malang, Dr. Halimy Zuhdi.

Halimy mengatakan, berbagai gadget di meja kerja itu merupakan wadahnya untuk menjadi admin akun media sosial resmi jurusan BSA. “Saya jadi admin langsung Akun BSA di Twitter, Youtube, Instagram dan Facebook,” tuturnya.

Ia berujar, beberapa konten yang ada pada medsos tersebut merupakan hasil karyanya. “Caption di Instagram itu langsung saya menulisnya, Facebook status dan Twitter juga saya yang menulis,” tutur Halimy yang menjabat sebagai Kajur sejak tahun 2017 itu.

Sementara untuk akun Youtube, Halimy hanya berperan sebagai penyeleksi video yang bakal masuk atau tidak di akun tersebut. Dikatakannya, seleksi tersebut dilakukan untuk membenarkan tata bahasa video yang diunggah pada akun tersebut “Saya hanya menyeleksi. kalau ada salah videonya dalam grammarnya. saya yang menyarankan ke mahasiswa tersebut untuk mengganti. Terus saya upload,” kata pria asal Sumenep, Madura ini.

Halimy beralasan, apa yang ia lakukan saat ini adalah untuk menjadi lebih dekat dengan mahasiswanya. “Untuk blusukan ke mahasiswa itu tidak perlu ke kelas-kelas. Kita bisa tahu dari menulis langsung tulisan siapa mahasiswa BSA yang berprestasi,” ujarnya.

Selain lebih dekat, ia mengatakan, publikasi di media sosial ini merupakan caranya untuk selalu memastikan semua kegiatan di BSA tidak ada yang tertinggal untuk diunggah. “Saya bukannya tidak ingin memperkerjakan seseorang untuk menghandle publikasi. Tapi kalau saya sendiri (yang mengerjakan). saya bisa tahu target publikasi secara langsung setiap hari,” ujar Halimy.

Menurutnya, merupakan hal yang penting untuk konsisten mengunggah kabar di media sosial online saat era digital ini. “Sekarang siapa yang tahu kabar kalau tidak dari (media) online? semua tahunya dari situ (media online),” ujarnya.

Alhasil, kerjanya sebagai admin ini tidaklah sia-sia. Setiap harinya selalu ada konten entah itu di media sosial Instagram, Twitter, Facebook, atau Youtube akun BSA. “Semua mahasiswa yang berprestasi pasti sudah tercantum di medsos itu semua. Kegiatan juga ada di youtube,” tutur Halimi.

Bahkan, ia mengaku, update-an konten pada akun media sosial jurusan BSA adalah yang paling rutin dari jurusan lainnya. “(Jurusan lainnya) banyak yang vakum. Tapi kami tidak,” tutur ia.

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Foto: Bob Bimantara Leander
Penyunting: Fia