Pasca Kena Bencana, Giripurno Bakal Gelar Bersih Desa Tiap Bulan

KOTA BATU – Desa Giripurno akan menggelar kegiatan bersih desa setiap bulan. Kegiatan ini dimulai dari bulan Suro (bulan pertama penanggalan Jawa) tahun ini hingga bulan yang sama tahun depan. Kegiatan budaya yang merupakan bentuk syukur kepada Yang Maha Kuasa itu dimulai tadi malam (24/10) di Balai Desa Giripurno.

“Bersih desa ini merupakan upaya menyukuri segala nikmat dan ujian yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa,” ungkap Panglima Baranusa Barisan Adat Raja Sultan Nusantara (Baranusa) Kota Batu, Robiyan.

Hal ini menjadi pembeda dengan bersih desa di tempat lain yang rata-rata digelar setiap tahun. Pembeda lain adalah, warga akan melantunkan macapat tolak bala disetiap kegiatan tersebut. Harapannya, desa dan seluruh isinya akan terhindar dari segala macam bala (musibah).

Sementara itu, Kepala Desa Giripurno terpilih Sutoro mengungkapkan bersih desa yang akan dilakukan setiap bulan ini, selain menjadi ajang bentuk syukur kepada Tuhan YME, juga menjadi bagian dari upaya untuk menjadi desa budaya.

“Karena bagaimanapun juga Desa ini dari dulu terkenal dengan kebudayaanya. Kami tidak ingin hal ini terkikis dengan era modernisasi sehingga melakukan bersih desa sebulan sekali merupakan sebuah hal yang positif,” tandasnya.

Pewarta : Choirul Anwar
Foto : Choirul Anwar
Penyunting: Fia