Pasca Kebakaran, Pedagang Pasar Lawang Bakal Direlokasi Ke Jalan Sudirman

LAWANG – Sebanyak 319 pedagang Pasar Lawang akan direlokasi ke Tempat Penampungan Sementara (TPS) usai kebakaran yang melanda pasar tradisional itu beberapa waktu yang lalu. Mereka adalah pedagang yang sebelumnya menempati Pasar Lawang di lantai satu blok L3, blok L1, blok I dan lantai dua blok N, I, dan L1.

“Berdasarkan survey yang dilakukan Cipta Karya (Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Cipta Karya), fisik bangunan dalam kondisi mengkhawatirkan, salah satunya ditemukan keretakan hingga sloof bengkok,” jelas Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Malang Pantjningsih Sri Redjeki kepada radarmalang.id hari ini (24/4).

Pantja menambahkan, jumlah petak usaha yang direlokasi tersebut mengalami perubahan. Di awal, ada 559 petak usaha, kemudian mengerucut menjadi 454 petak usaha, dan setelah dilakukan survey terakhir kemarin (23/4), jumlah tersebut kembali menyusut menjadi 391 petak usaha. Dalam satu dua hari ke depan akan dilakukan seleksi kembali untuk memastikan jumlah pedagang yang akan direlokasi.

“Pedagang yang harus direlokasi sebanyak 319. namun itu masih dipetakan lagi berdasarkan pedagang aktif dan pasif. Pasif dalam arti, lapak hanya digunakan untuk gudang dan bahkan memang tidak digunakan berjualan,” urai Pantja.

Nantinya, relokasi akan dilakukan untuk para pedagang aktif. Mereka akan direlokasi ke kawasan jalan Sudirman dan gedung pasar utara lantai 2.

“Pemanfaatan Jalan Sudirman untuk TPS, sementara di satu sisi. Jika tidak mencukupi, baru memanfaatkan dua sisi,” rincinya.

Pantja menambahkan, relokasi tersebut akan diikuti dengan rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan oleh dinas terkait.

Penyunting: Fia
Foto: istimewa