Pasar Raya Padang Padat Pengunjung

Pasar Raya Padang

RADAR MALANG ONLINE – Empat hari jelang Idul Fitri 1439 hijriyah, pengunjung Pasar Raya Padang, Sumatera Barat (Sumbar), meningkat tajam. Ribuan orang berseliweran sejak sore hari hingga larut malam.

Baik kalangan muda, tua dan anak-anak berdesak-desakan mengitari pasar. Namun banyak di antara pengunjung yang memilih membawa kendaraannya ke dalam pasar. Alhasil, kepadatan pasar semakin parah yang mengakibatkan jalan sepanjang pasar rayap padat merayap.

Beragam dagangan dipajang di ribuan lapak pedagang kali lima (PKL). Tapi yang paling mendominasi adalah pakaian. Seperti kemeja, kaos, celana jeans, baju koko, peci, mukena, dan semua yang berhubungan dengan idul fitri.

“Paling ramai itu sore sampai tengah malam. Biasanya kami pedagang tutup dini hari kalau sudah masuk H-5 sampai malam takbiran,” terang Rudi, salah seorang pedagang pakaian, Senin (11/6) malam.



Menurut Rudi, membludak pengunjung sudah terjadi sejak Sabtu dan Minggu lalu. Rata-rata dalam sepekan jelang lebaran, omzet pedagang meningkat tajam. Nyaris dua kali lipat dibandingkan hari-hari awal ramadan.

“Tujuh hari jelang Idul Fitri ini masa panennya pedagang pakaian. Biasanya, puncak ramainya di malam takbiran. Lapak kami tutup hingga pagi atau jelang subuh,” katanya.

Begitu juga pengakuan Andi, 37, pedagang pakaian lainnya di Pasar Raya Padang. Omzetnya meningkat 100 persen sejak sepekan jelang lebaran. “Alhamdulilah, setiap sepekan jelang Idul Fitri memang penjualan terus naik,” akunya.

(rcc/JPC)