Pasar Mobil Mewah Second Menggiurkan

Harga Tembus Rp 7 M, Jadi Barang Koleksi

MALANG KOTA – Pasar mobil mewah second di Malang cukup menggiurkan. Tak heran beberapa diler berlomba-lomba mendatangkan kuda besi kelas premium yang harga bekasnya saja di atas Rp 1 miliar. Mulai dari merek Porsche, Lamborghini, Ferrari, BMW, Mercedes Benz hingga Toyota.

Beberapa diler di kawasan Blimbing menampilkan mobil mewah di barisan depan showroom mereka. Meskipun yang dipajang adalah mobil bekas, namun kondisinya tampak seperti baru.

”Kami selalu menyediakan mobil jenis premium di showroom. Untuk yang harganya di atas Rp 1 miliar seperti Mercedez Benz E Class, Toyota Alphard dan Vellfire, cukup bagus penjualannya,” ujar Head Marketing Saputra Auto Car Sampurna Haryanto.

Dia menyampaikan, banyak konsumen di Malang yang membeli Alphard dan Vellfire. Namun, selain dua mobil keluaran Toyota itu, mobil Jeep Wrangler juga punya penggemar tersendiri.

”Seperti Jeep Wrangler Sahara bekas, itu bisa terjual sampai Rp 750 jutaan. Rata-rata harga bekasnya bisa turun antara 15–30 persen dari harga barunya,” ujarnya. Khusus di gerainya, kata dia, sudah menjual 8 unit Jeep Wrangler sepanjang tahun 2017.



Diakui Sampurna, tren pembelian mobil premium di Malang mulai menggeliat sejak 2014. Dalam beberapa tahun terakhir, ada peningkatan yang cukup signifikan dalam hal penjualan unit. Mobil yang dicari juga makin beragam, dan harga bekasnya saja masih bisa tembus hingga Rp 4 miliar.

”Di gerai sendiri pernah ada yang membeli Porsche Boxster. Laku sekitar Rp 1,4 miliar. Kemudian ada Ferrari California. Terjual Rp 4 miliar,” tambahnya. Harga baru mobil berlogo kuda jingkrak tipe California keluaran tahun 2011 tersebut sekitar Rp 10 miliar.

Sementara itu, deretan mobil premium juga tampak di showroom Pandawa87 Motors. ”Kami menjual beberapa mobil premium bekas mulai dari Cadillac, Lexus, Mustang, Ferrari, Mitsubishi, dan Toyota,” ujar Amanda Martadinata, marketing Pandawa87 Motor.

Khusus di gerainya, hampir 70 persen mobil mewah yang dijual berasal dari berbagai merk Mercedez Benz. Seperti E-Class, S -class, dan CLS Class.

Amanda menambakan, selisih harga mobil premium baru dibandingkan dengan bekasnya memang cukup jauh. Namun, umumnya pembeli di Malang tetap memburu mobil impiannya sebagai koleksi atau digunakan sendiri.

Gerainya sempat menjual mobil high class seperti Lamborghini bekas tipe LP-700 Avantador yang laku Rp 7 miliar dari harga barunya 10 miliar. Mitsubhisi EVO 10 FQ 440 MR juga pernah terjual dari showroom ini.

”Kalau Mitsubishi sendiri hanya ada 40 di dunia, dan dua mobil Mitsubishi ada di showroom kami dengan harga bekas sekitar Rp 1,2 miliar dari harga barunya sekitar Rp 1,6 miliar,” ujarnya.

Pewarta: NR2
Penyunting: Achmad Yani
Copy editor: Arief Rohman
Foto: Rubianto