Pasar Mangkrak, Bersiap Bangun Kolam Renang

PAKISAJI Usia Pasar Karangduren di Kecamatan Pakisaji ini tinggal menghitung jari. Dalam waktu dekat, pasar yang sudah lama mangkrak tersebut rencananya akan dialihfungsikan sebagai kolam renang.

Wacana tersebut disampaikan Kepala Desa (Kades) Karangduren Sihabur Romli. Berdasarkan pantauan koran ini, hanya beberapa bedak di pasar tersebut yang hingga kini masih difungsikan untuk berdagang.

”Maka dari itu lebih baik kami rencanakan untuk difungsikan sebagai kolam renang agar lebih produktif,” kata Romli. Dia menjelaskan bila lahan yang dipergunakan untuk pasar itu masuk area tanah kas desa.

Sementara masa kontrak para pedagang di sana diketahui sudah habis sejak Desember 2018. ”Sebagaimana diketahui, tempatnya sudah tidak memungkinkan (untuk berdagang). Direnovasi saya rasa juga tidak memungkinkan,” kata dia.

Disinggung terkait kapan rencana pengalihfungsian tersebut dilakukan, Romli mengaku masih belum bisa memastikannya. Dia menjelaskan bila saat ini pihaknya tengah merancang peraturan desa (perdes) yang menjadi landasannya.



”Nanti akan kami rancang perdes-nya dulu. Sementara ini di desa juga kan masih masa transisi kepemimpinan,” imbuhnya. Wacana itu mencuat sebagai salah satu upaya Desa Karangduren mendukung program optimalisasi sektor pariwisata di Kabupaten Malang.

Pewarta : Imron Haqiqi
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Bayu Mulya