Partai Demokrat – PDIP Jadi Barisan Koalisi Pada 2019

Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan menjelaskan, partainya (Demokrat) sangat terbuka jika di Pilpres 2019 akan besanding dengan PDIP. Menurutnya hal itu sangat mungkin terjadi.

“Apakah kami (Demokrat – PDIP) akan bergandengan tangan nanti di 2019, sangat mungkin terjadi,” ucap Hinca di Wisma Proklamasi, Minggu (7/1).

Pilkada Serentak 2018
(Kokoh Praba/RADAR MALANG ONLINE)

Kemungkinan itu atas dasar bahwa ke depannya Partai Demokrat tidak akan sanggup jika berdiri sendiri menghadapi Pilpre 2019. Untuk mencapai itu pihaknya berusaha mengawali dengan membangun kerja sama dengan partai manapun, termasuk PDIP.

Dikatakannya, komunikasi membangun koalisi itu tidak hanya dengan PDIP, tapi juga dengan parpol lainnya. “Komunikasi-komunikasi dilakukan termasuk ini (koalisi dengan PDIP di Jateng). ini bagian itu semua jadi tentu dengan partai politik lain tentu kita bisa bergandeng tangan, karena tidak mungkin sendirian,” pungkas Hinca.



Sebagaimana diketahui di Pilgub Jateng Partai Demokrat berkoalisi bersama PDIP dengan mengusung Ganjar Pranowo – Taj Yasin Maimoen.

Selain di Jateng, koalisi juga dilakukan di Pilgub Kalimantan Barat dengan mengusung calon Gubernur Karolin Margret Natasha dari PDIP dan wakilnya Suryadman Gidot dari DPD Partai Demokrat Kalbar.


(sat/JPC)