Parade Handicraft, Cara Unmer Dorong Keluar Potensi UMKM

MALANG – Universitas Merdeka (Unmer) Malang menjalin kerjasama dengan Crafter Plat N dan Asosiasi Perajin Kota Malang (APKM) dengan menggelar Parade Handicraft 2019 di Aula Skodam V Brawijaya pada tanggal 13 dan 14 Juli 2019 lalu. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan ruang gerak bagi UMKM di Kota Malang dalam mempromosikan barang-barang kerajinan tangan dan kuliner.

“Pengrajin di Kota Malang banyak yang mengembangkan usahanya di tingkat nasional bahkan skala mancanegara. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi para pelaku UMKM untuk menjadikan Kota Malang sebagai pusat industri kreatif,” tutur Wakil Rektor I, Prof. Dr. Respati Wikantiyoso, MSA., Ph.D.

Dalam pameran tersebut, ada sekitar 70 stan kerajinan tangan dan 20 stand kuliner diantaranya adalah UMKM Posdaya dan tim inkubator kewirausahaan binaan Unmer Malang. Tidak mau ketinggalan, mahasiswa dari Program Studi Administrasi Bisnis turut mendirikan stan kerajinan karya.

Inisiator acara, Ir. Hery Budianto, MSA., Ph.D. menjelaskan wujud kontribusi Unmer Malang lainnya adalah desain panggung Inflatable tenaga surya yang dikembangkan oleh Hery bersama dengan tim dosen dan mahasiswa.

“Panggung inflatable tenaga surya ini berukuran 7 x 6 meter serta mengandalkan tenaga matahari yang dikonversi menjadi energi listrik berdaya 1000 watt yang mampu menjadi sumber tenaga bagi lampu, sound system dan alat musik di dalam panggung,” imbuh dosen arsitektur tersebut.



Sembari menikmati kerajinan tangan dan kuliner di setiap stand, para pengunjung juga dapat mengikuti beragam lomba seperti membatik, menghias kain perca, mewarnai gambar dan foto keluarga. Berikutnya juga ada workshop pelatihan membatik, tutorial membuat kerajinan kayu bersama para narasumber yang kompeten di bidangnya. Tak hanya para mahasiwa, para Duta Kampus juga turut menyosialisasikan program Unmer Malang kepada para pengunjung.

Penulis: Angelia Wijaya
Foto: Istimewa
Penyunting: Fia