Papua Optimistis Menatap PON 2020

JawaPos.com – Pembangunan venue untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020 terus dikebut. Ada 30 venue yang digunakan untuk menggelar 37 cabang olahraga dan 679 nomor pertandingan.

Sebagian besar merupakan bangunan baru. Rampungnya Stadion Papua Bangkit di Kabupaten Jayapura dan Mimika Sport Complex di Timika membuat Pemprov Papua semakin optimistis seluruh pembangunan venue selesai tepat pada waktunya.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Olahraga dan Kepemudaan (Plt Kadisorda) Papua Alexander Kapisa mengungkapkan, sebanyak 9 dari 30 venue sudah rampung 100 persen. Kemudian, 11 venue masuk proses pembangunan fisik. Sisanya, 10 venue merupakan bangunan lama yang direhabilitasi.

Mimika Sport Sport Complex (MSC) di Timika yang dibangun PT Freeport Indonesia sudah siap digunakan untuk pertandingan bola basket dan atletik. (Riana Setiawan/Jawa Pos)

“Bapak Gubernur bertekad keras PON XX/2020 terselenggara tepat waktu dan berlangsung sukses. Ini momen yang belum tentu terulang hingga 50 tahun ke depan,” kata Alex, sapaan Alexander Kapisa, saat ditemui di Jayapura 6 November lalu.

Yang lebih penting, lanjut Alex, adalah pemanfaatan venue-venue baru yang megah itu setelah PON. Jangan sampai venue-venue tersebut mangkrak setelah PON berakhir. Menurut Alex, gubernur Papua segera mencanangkan Papua sebagai daerah industri olahraga. Terutama sepak bola dan atletik. Papua memiliki atlet-atlet dengan bakat alam yang luar biasa. ’’Kami segera merancang event-event olahraga yang tidak habis sepanjang tahun agar stadion dan GOR baru yang dibangun terus bermanfaat,’’ ucap Alex.