Pantai Malang Selatan Berstatus Waspada, Wisatawan Wajib Berhati-hati

KARANGKATES – Menyusul terjadinya bencana alam tsunami yang menerjang wilayah sekitaran pantai khususnya di wilayah Banten dan Lampung, semua pihak diminta agar makin waspada dengan potensi timbulnya bencana serupa di wilayah lain.

Stasiun Geofisika Klas III Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Karangkates, yang berlokasi Sumberpucung, Kabupaten Malang menyebut selama libur Natal dan Tahun Baru 2019 mendatang, wilayah Kabupaten Malang khususnya di Pantai Selatan masih di level waspada.

“Kami himbau para wisatawan yang berlibur ke pantai di kawasan Malang Selatan agar selalu mewaspadai ketinggian gelombang air laut,” ujar Kepala BMKG Karangkates, Musripan, Senin, (24/12).

Dirinya menambahkan, saat ini ketinggian gelombang di perairan Selatan Jawa Timur berkisar di angka 2 hingga 3 meter.  

“Selain gelombang laut, potensi terjadinya gempa bumi juga harus jadi perhatian dan atensi tersendiri bagi wisatawan,” tambah dirinya.



Potensi gempa di Kabupaten Malang memang diketahui BMKG Karangkates cukup tinggi, hal ini dikarenakan terdapat pertemuan lempeng tektonik besar, yaitu lempeng Indo Australia dengan Eurasia.

“Hal ini yang menjadikan wilayah Jawa rawan terjadinya gempa,” tambah pria ahli Geologi ini.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Elfran Vido
Penyunting : Fia