Pantai Kondang Bandung di Malang Penuh dengan Kilauan Pasir Besi

Pantai Kondang Bandung

KABUPATEN MALANG – Butuh nyali tinggi untuk bisa menembus masuk menuju Kondang Bandung, Dusun Sumber Blimbing Desa Purwodadi, Kecamatan Donomulyo. Karena jalan terdekat dari Donomulyo harus melalui hutan jati. Mobil atau motor tidak bisa medekat ke bibir kondang. Harus parkir lumayan jauh di atas bukit hutan jati.

Wisatawan yang ingin turun ke kondang, terpaksa harus menuruni bukit dengan jalan merambat. Karena ketinggiannya sangat curam.
Apalagi jalan setapak dipenuhi bebatuan putih seperti karang yang licin. Rawan terpeleset jika tidak hati-hati. Dari bukit hutan jati menuju dasar Kondang Bandung memang tak terlalu jauh. Sekitar 200 meter saja, namun jalurnya sangat curam. Sebenarnya, ada satu jalur lagi untuk menuju ke kondang ini.

Kekuatan daya tarik kondang ini adalah keberadaan pasir besi yang menyebar di bibir laut sepanjang sekitar 500 meter. Hamparan pasir hitam bersih mengkilap ini menyebar menyeluruh di sela-sela pasir putih. Sehingga dari kejauhan, tampak kilatan pasir menyala-nyala bak lampu-lampu kecil ketika disiram sorot matahari. Namun, jangan sekali-kali menginjaknya tanpa menggunakan alas kaki, sandal atau sepatu. Karena pasir tersebut sangat panas. Menginjak satu menit saja tanpa alas kaki, tidak akan mampu karena memang panas sekali. (*)

Penulis: Abdul Muntholib
Fotografer: Doli Siregar