Pangdivif 2 Kostrad Diganti Brigjen Marga Taufiq, Thank You Mayjen Agus Suhardi

Mayjen TNI Agus Suhardi diilustrasikan mengayuh becak membonceng istrinya, Shinta, dikawal prajurit Divif 2 Kostrad.

MALANG KOTA – Divisi Infanteri 2 Kostrad mulai Jumat ini (20/4) resmi memiliki pimpinan baru. Dia adalah Brigjen TNI Marga Taufiq yang menggantikan Mayjen TNI Agus Suhardi. Upacara serah terima jabatan dilaksanakan di lapangan Saptamarga Madivif 2 Kostrad pagi ini.

Ada banyak kesan dirasakan personel Divif 2 Kostrad selama sembilan bulan dipimpin Agus Suhardi. Salah satunya adalah memberikan fondasi dasar bagaimana dalam menjalankan tugas kesehariannya sebagai prajurit TNI. Mayjen Agus menerapkan konsep ”human touch” dalam kepemimpinannya selama ini. Yakni, lebih mengenal secara mendalam bagaimana persoalan yang dialami anak buah dalam menjalankan tugas.

”Meski saya masih 9 bulan tugas di Malang, bukan berarti saya orang baru di sini. Sebelumnya, saya banyak keliling-keliling tugas di Malang, Surabaya, dan Jakarta,” kata Agus.

Satuan di Malang, menurut dia, adalah pasukan yang sudah siap menjalankan tugas yang diberikan atasan setiap saat. ”Dinamis dan syarat dengan motivasi, itulah pasukan di Divisi Infanteri 2 Kostrad,” tandasnya.

Dengan berakhirnya masa tugasnya di Divif 2 Kostrad, dia mengucapkan banyak terima kasih atas kerja sama semua prajurit dan elemen masyarakat. Dia meminta maaf apabila ada kesalahan selama memimpin kesatuannya.



Untuk diketahui, banyak tugas operasi militer telah sukses dia laksanakan dengan baik, antara lain tugas penjagaan garis perbatasan di Kalimantan Barat pada Desember 2017 oleh Batalyon 502. Prestasi yang berhasil ditorehkan adalah berhasil menggagalkan penyelundupan narkoba jenis sabu-sabu seberat 34,5 kg. Sebelumnya di operasi militer pada September 2017, Batalyon 503 bertugas di perbatasan Papua New Guinea (PNG). Buah dari penugasan tersebut, kedua pasukan dari batalyon tersebut dikirim sebagai pasukan perdamaian PBB ke Afrika dan Lebanon.

Dalam prestasi lomba olahraga, di bawah kepemimpinan Mayjen Agus, divisi ini berhasil meraih juara di beragam kejuaraan. Sementara itu, dalam rangkaian acara HUT Kostrad ke-57 Maret lalu, banyak hal yang telah dilakukan. Di antaranya, Lomba Fun Bike, Cakra Run, Adventure Trail, serta bakti sosial di masyarakat yang bermukim di sekitar Gunung Bromo. Dalam aksi sosial tersebut, selain melakukan pemeriksaan kesehatan gratis juga sekaligus pengobatan gratis.

Pewarta: Samsudin
Penyunting: Abdul Muntholib
Copy Editor: Dwi Lindawati
Grafis: Andhi Wira