Pangdam V Brawijaya Resmikan Pembangunan Rumah Prajurit Semua Pangkat

KEPANJEN- Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi, Kamis (13/2) pagi meresmikan dimulainya pembangunan perumahan bagi TNI-AD. Khususnya, para prajurit yang bertugas di Batalyon Zeni Tempur (Yon Zipur) V Kepanjen. Nama perumahan itu adalah Arbhana Residence.

Peluncuran perumahan di kawasan Desa Mangunrejo, Kecamatan Kepanjen tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Pangdam V Brawijaya bersama Bupati Malang Drs HM Sanusi MM dan Komandan Yon Zipur V/ABW, Mayor Czi Slamet Riyadi. Tampak pula Dandim 0818 Kabupaten Malang-Kota Batu, Letkol Inf Ferry Muzzawwad. “Ini mungkin pertama kalinya perumahan tentara yang memakai nama residence. Tampilannya saja sudah meyakinkan,” kata Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI R Wisnoe Prasetja Boedi dalam sambutannya.

Dia melanjutkan, terwujudnya pembangunan perumahan tentara itu tak lepas dari kemauan para anggota. Plus peran dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, pengembang, serta perbankan. “Mudah-mudahan embrio ini bisa dicontoh yang lain. Impian saya, bisa melihat anggota yang baru dinas tiga atau empat tahun bisa punya rumah,” terangnya.

Bahkan lanjut Wisnoe, prajurit TNI yang baru bekerja 0 tahun juga bisa mendapatkan rumah. “Ini merupakan program pemerintah yang menginginkan para prajurit sudah memiliki rumah layak huni sebelum memasuki pensiun,” sambung mantan Wagub Akmil itu.
“Tepatnya, merupakan program Tabungan Wajib Perumahan yang dicanangkan 10 ribu rumah. Khusus di Kodam V Brawijaya (Jawa Timur), di sini dikelola oleh satuan Yonzipur,” jelas Wisnoe.

Sementara itu, Komandan Yon Zipur V/ABW, Mayor Czi Slamet Riyadi menambahkan, perumahan Arbhana Residence memiliki beberapa spesifikasi. “Jumlah rumah yang dibangun sebanyak 160 unit yang seluruhnya sudah dipesan oleh anggota kami. Desainnya modern serta memiliki fasilitas lengkap,” tuturnya.

Fasilitas itu di antaranya, area joging track, taman serta pertokoan. Dan hal tersebut menurutnya menjadi satu kebanggaan bagi warga Yon Zipur V Kepanjen. “Ini salah satu bentuk upaya Yon Zipur agar prajurit bisa mendapatkan rumah non dinas yang terjangkau dan layak huni,” ungkapnya.

Apalagi, Arbhana Residence dapat dimiliki oleh prajurit tanpa uang muka. “Tanpa uang muka, langsung menggunakan Tabungan Wajib Perumahan bagi anggota yang bersangkutan,” tutupnya. (biy/nen)