Pamtas Papua Nugini, Prajurit Yonif Macan Kumbang Tiba di Medan

JawaPos.com – Sudah 10 bulan lamanya 450 prajurit Batalyon Infanteri (Yonif) 121/Macan Kumbang (MK), Kodam I/Bukit Barisan bertugas di perbatasan Papua Nugini. Mereka akhirnya kembali ke Kota Medan pada Jumat (14/12). 

Mereka pulang dengan menumpangi kapal TNI yang bersandar di Pelabuhan Belawan. Pasukan infanteri itu dipimpin oleh Letkol Inf Imir Faishal sebagai Komandan Batalyon. Penyambutan 450 prajurit itu dilakukan oleh Inspektur Kodam I/Bukit Barisan Kolonel Inf Wisnu Sidharta.

Kolonel Inf Wisnu mewakili Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah yang sedang menjalankan tugas pengamanan kunjungan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo di Pekanbaru, Riau. Wisnu pun menyampaikan permintaan maaf karena Mayjen Fadhilah tak dapat hadir. 



“Saya akan mengunjungi kalian di Home Base sekembalinya dari peresmian Satuan Terintegrasi di Natuna, Kepri,” ucap Kolonel Inf Wisnu Sidharta membacakan sambutan Pangdam. 

Wisnu menjelaskan, upacara penyambutan ini merupakan bentuk penghormatan dan rasa bangga, sekaligus sebagai wujud rasa syukur serta penghargaan komando kepada Prajurit Satgas Yonif 121/MK yang telah selesai melaksanakan tugas. Terlebih tugas yang diemban diselesaikan secara profesional dalam menjaga Integritas NKRI dari ancaman dan berbagai aksi yang mengganggu keamanan perbatasan darat RI-PNG di sektor Utara.  

“Untuk itu, atas nama Komando dan pribadi, saya mengucapkan selamat datang dan terima kasih serta rasa bangga kepada Satgas Yonif 121/MK yang selama 10 bulan telah melaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasan di wilayah Papua dengan penuh rasa tanggung jawab dan dedikasi tinggi,” jelasnya.

Wisnu mengakui, keberhasilan itu merupakan hasil dari pengabdian yang tulus dan ikhlas serta kesadaran untuk berbuat yang terbaik. Sehingga, rasa tanggungjawab yang diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas, dapat menjaga nama baik satuan, khususnya citra Kodam I/BB. Dia juga mengingatkan agar seluruh prajurit semakin memantapkan kualitas.

“Terus laksanakan konsolidasi dengan tertib administrasi yang teliti dan benar. Sehingga pertanggungjawaban satuan maupun perorangan dapat dilaporkan secara akuntabel, serta segera kembalikan suasana dari daerah operasi menjadi suasana home base, dan yakinkan hak-hak kesejahteraan prajurit dapat dipenuhi sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tegasnya.

Selain itu sambungnya, kepada seluruh prajurit Yonif 121/MK, Wisnu juga mengingatkan untuk segera menyesuaikan diri dengan kegiatan satuan dan mengikuti perkembangan situasi yang ada. 

“Akhirnya, dengan tekad yang dilandasi ketulusan untuk selalu berbuat terbaik bagi kejayaan Kodam I/BB, bangsa dan negara, disertai ridho Tuhan Yang Maha Esa, maka Satgas Yonif 121/MK secara resmi saya terima kembali di Kodam I/BB. Tetap semangat,” pungkasnya.

(pra/JPC)