Pameran Hidroponik Hingga Matikan Listrik Selama 1 Jam

Salah seorang peserta pameran hidroponik menata tanamannya di acara Green Festival di Batu Lippo Plaza kemarin (24/3).

KOTA BATU – Salah satu organisasi yang menyuarakan kampanye gaya hidup hemat energi, Earth Hour Kota Batu, mengajak untuk mematikan listrik selama 1 jam Sabtu kemarin (24/3). Earth Hour juga menyelenggarakan Green Festival. Acara itu berlangsung di lantai 1 Batu Lippo Plaza.

”Kebetulan tahun ini peringatan Earth Hour jatuh pada tanggal 24 Maret. Kami mengadakan acara Green Festival,” kata Erliya Yunita, koordinator Earth Hour Kota Batu.

Dia menambahkan, dalam acara tersebut ada dua jenis kegiatan. Pertama, ada pameran hidroponik. Pameran tersebut diikuti oleh Dinas Pertanian Kota Batu, SMA Selamat Pagi Indonesia, Petani Hidroponik, dan Tanaman Budi Daya Kota Batu.

”Tujuan dari acara pameran ini agar masyarakat bisa mengenal dan meniru cara mereka (peserta pameran, Red) membuat inovasi dalam tanaman hidroponik,” katanya.

Selain itu, ada acara seremonial switch off atau mematikan listrik dengan menggelar lomba jungle tentang menjaga lingkungan antar SMA se-kota Batu. Selanjutnya, dalam acara seremonial akan mematikan listrik yang tidak terpakai.

Ada beberapa tempat yang akan berpartisipasi pada peringatan switch off ini. Salah satunya gedung Balai Kota Among Tani. Sedangkan untuk Batu Lippo Plaza, yang dimatikan hanya di bagian depan.

”Selama satu jam, mulai pukul 20.30 sampai 21.30, listrik akan mati,” kata Erliya.

Kegiatan Earth Hour Kota Batu yang rutin seperti ini memberikan edukasi mengenai ramah lingkungan hingga turut bekerja bakti membersihkan sampah di sungai-sungai.

Pewarta: NR4
Penyunting: Aris Syaiful
Copy Editor: Arief Rohman
Foto: Rubianto