Palembang Waspada Dampak Curah Hujan Tinggi Disertai Angin Kencang

JawaPos.com – Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan warga Kota Palembang untuk waspada. Sebab, kondisi cuaca di Kota Palembang, sejak dua hari terakhir terus diguyur hujan deras dan berpotensi terjadinya angin kencang.

Kasi Data dan Informasi BMKG Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Bambang Beni Setiaji mengatakan, kondisi cuaca yang terjadi di Kota Palembang diakibatkan posisi Matahari diatas Ekuator atau khatulistiwa. Sehingga menyebabkan udara cenderung lebih panas.

Akibat lainnya pasokan uap air dari laut Cina Selatan yang berlimpah sehingga sangat tingginya potensi terjadinya hujan. “Kondisi ini akan terjadi hingga lima hari ke depan,” katanya saat dihubungi, Rabu (27/3).

Ia mengaku ini merupakan kondisi musim transisi. Dengan kondisi ini terjadi perbedaan tekanan permukaan. Diperparah lagi dengan adanya gangguan badai tropis veroniva pusat-pusat tekanan rendah di Samudera Hindia Selatan Jawa yang sarat uap air di wilayah Sumsel dan meningkatnya pertumbuhan awan hujan.

Seiring meningkatnya curah hujan, Kota Palembang berpotensi terjadinya genangan hingga banjir di dataran rendah. Sedangkan untuk dataran tinggi berpotensi terjadinya pergeseran atau longsor.

Selain itu, dengan kondisi ini potensi yang paling tinggi yakni timbulnya angin kencang. “Karena itu, kami imbau agar masyarakat lebih waspada dengan kondisi ini,” tutupnya.

Untuk diketahui, hujan disertai angin kencang terjadi di Kota Palembang sejak beberapa hari terakhir. Akibatnya, halte dan dua puskesmas pun rusak dihantam oleh angin kencang.

Editor           : Yusuf Asyari

Reporter      : Alwi Alim