Pakar UB Sebut Debat Pilpres Terakhir Bakal Diwarnai Isu Kecurangan

Sujoko, pakar politik UB

KOTA MALANG- Pakar Komunikasi Politik, Anang Sujoko, M.Si, memprediksi bahwa isu kecurangan akan mewarnai pada Debat Calon Presiden (Capres) kelima. Debat Pamungkas ini akan digelar hari ini (13/4) dengan tema ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, serta Perdagangan dan industri.

Seperti yang sudah diberitakan bahwa terjadi praktik kecurangan yang terjadi di Malaysia. Panitia pengawas Pemilu (Panwaslu) Kuala Lumpur, Malaysia menemukan ratusan karung berisi surat suara yang sudah tercoblos di dua lokasi berbeda dengan total jumlah surat suara mencapai 40-50 ribu surat suara.

“Di debat terakhir ini isu kecurangan akan mewarnai ketegangan, diluar pembahasan mengenai tema ekonomi yang diangkat. Isu ini sebenarnya akan memancing potensi kecurangan serupa di PPLN (Panitia Pemilihan Luar Negeri) lain,” tegasnya.

Diakui Anang, kubu Prabowo memang fokus menyerang pemerintah sekarang dalam debat pilpres nanti. sedangkan kubu Joko Widodo akan menyerang balik dengan statement posisi sebagai korban hoax. Masing-masing akan mengeluarkan statement pembelaannya masing-masing.

“Debat terakhir ini mereka akan sama-sama mengeluarkan sebuah statement pamungkas untuk menguatkan posisi masing-masing di benak pemilih, kita tunggu saja nanti,” tandasnya.



Pewarta: Rida Ayu
Penyunting : Kholid Amrullah
Foto : Rida Ayu