Pakai QRIS, Amal Ke Masjid atau Ponpes Pun Lebih Aman

YOGYAKARTA – Pembayaran tunai lambat laun kini mulai terganti non-tunai (cashless money). Termasuk saat amal di masjid maupun pondok pesantren. Pernahkah Anda membayangkan beramal bukan memasukkan uang di kotak amal, namun men-scan QR Code pembayaran?

Kotak amal yang rawan dicuri sering mengkhawatirkan. Oleh karena itu Bank Indonesia menciptakan QR Code Indonesia Standart (QRIS) juga berencana untuk mengganti sistem amal Anda. Dengan QRIS Anda tak perlu khawatir uang amal Anda tak sampai ke yang membutuhkan.

“Saat ini memang sosialisasi kita fokuskan ke merchant-merchant. Termasuk juga pondok pesantren, rumah ibadan, dan UMKM,” ujar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Prov Jatim, Difi A Johansyah saat sosialisasi QRIS di Angkringan Pendopo Jogja, Kamis (22/8).

Apa itu QRIS? Yakni QR Code yang dirancang BI untuk menyatukan seluruh platform Penyedia Jasa Sistem Pembayaran (PJSP). Anda yang sudah biasa menggunakan OVO, Go-Pay, hingga Dana, bisa menscan QR Code yang sama dari BI ini.

Jika diletakkan di masing-masing rumah ibadah. Maka Anda tak perlu lagi mencari uang pecahan tunai. Cukup buka platform pembayaran di smartphone, tentukan jumlah yang akan dibayar, scan, selesai deh! No ribet-ribet yes Guys.

Rencananya QRIS bakal mulai dimatangkan penggunaanya pada Januari 2020. Meski begitu, Difi menegaskan, QRIS tidak akan menghilangkan peredaran uang tunai.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Rida Ayu
Penyunting: Fia