Pakai Kode Nama Kona, Inikah Chip Qualcomm Snapdragon 865?

JawaPos.com – Pembuat chip Qualcomm agaknya tengah merancang penerus Snapdragon seri 855 dan 855 Plus. Meski Snapdragon seri 855 terbaru belum banyak hadir di perangkat smartphone, Qualcomm dikabarkan sudah mempersiapkan chip seri 800 generasi berikutnya.

Sebagaimana JawaPos.com kutip dari TechRadar, Senin (12/8), chipset Qualcomm Snapdragon hadir di laman pengujian Geekbench. Chipset misterius itu hadir dengan codename Kona. Banyak pihak menduga kode nama Kona itu merupakan Snapdragon 865 yang diharapkan bakal hadir pada jeroan smartphone flagships 2020 mendatang.

Adapun alasan mengapa chip tersebut diyakini sebagai seri 800 terbaru merujuk pada hasil pengujian yang tertera di Geekbench. Chip Kona atau bakal calon Snapdragon 865 itu hadir dengan perolehan skor multi-core di angka 12.915. Angka segitu disebut mengalahkan setiap ponsel yang ada sejauh ini.

Hasil pengujian chip misterius Qualcomm dengan kode nama ‘Kona’ yang diyakini sebagai Snapdragon 865. (GSMArena)

Perangkat yang diduga Snapdragon 865 itu sedang diuji dan tampak berjalan pada sistem operasi Android Q dan 6 GB RAM, tetapi ini mungkin hanya sebuah platform pengujian dan bukan smartphone yang sebenarnya. Frekuensi dasar dari pengujian tersebut adalah 1,8 GHz, tetapi chip diharapkan mampu melewati ambang 3 GHz, meskipun hanya dengan satu inti.



Seperti sudah disinggung di atas, saat ini, Qualcomm Snapdragon 855 Plus menjadi lini chip smartphone paling mutakhir. Chip tersebut merupakan modifikasi dari seri 855 biasa dan memiliki satu inti CPU Kryo 485 yang mencapai kecepatan 2,96 GHz, sehingga 3 GHz tampaknya mungkin hadir untuk CPU generasi berikutnya.

Perusahaan chip asal San Diego, Amerika Serikat (AS) itu biasanya merilis chipset flagship pada Desember. Qualcomm diharapkan bisa mengenalkan teknologi baru dan berbicara tentang rencana masa depannya pada pertemuan pengembang tahunannya.

Masih soal chipset misterius Kona, kabarnya perangkat tersebut diproduksi oleh Samsung. Samsung Foundry telah dipilih sebagai mitra manufaktur untuk Snapdragon 865 dengan menggunakan proses fabrikasi berbasis 7V EUV baru untuk kinerja dan efisiensi termal yang lebih baik.

Produksi massal dilaporkan akan dimulai Februari 2020. Sebagai referensi, Snapdragon 855 diproduksi oleh Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC). Chip tersebut juga disebut membawa dukungan asli 5G dan akan menjadi salah satu poin pembicaraan dari Snapdragon 865.