Paimun, Pengingat Imunisasi di Puskesmas Polowijen

KOTA MALANG – Saking banyaknya pekerjaan, terkadang orangtua lupa jadwal imunisasi anaknya. Nah, mengantisipasi kelalaian ini, Puskesmas Polowijen membuat program Paimun atau papan ingat imunisasi.

Melalui program ini, Puskesmas Polowijen menyebar papan tulis putih di 29 Posyandu. Tersebar di Kelurahan Balearjosari, Polowijen, dan Purwodadi. Papan itu berisikan identitas bayi maupun baduta (bayi dibawah dua tahun) yang terjadwal imunisasi.

“Begini, misalnya untuk anak yang jadwal imunisasinya bulan Oktober. Nah di Bulan September kami sudah menuliskan namanya di papan itu. Dibantu kader juga yang mengingatkan,” kata Kepala Puskesmas Polowijen, dr Lisna.

Papan imunisasi itu menuliskan nama bayi atau baduta, nama orang tua, jenis imunisasi (Imunisasi Dasar Lengkap atau lanjutan), sampai kader yang yang bertanggung jawab. Imunisasi akan digelar baik di posyandu atau di Puskesmas Polowijen.

Tahun ini, target bayi yang bakal disasar untuk imunisasi dasar lengkap sebanyak 516bayi, sedangkan tahun lalu 543. Sementara imunisasi lanjutan tahun ini menyasar 515 orang, sementara tahun lalu 548 baduta.

“Dengan program ini diharapkan capaian partisipasi imunisasi bisa 100 persen. Karena kalau sampai tidak imunisasi, bahaya campak, difteri, menghantui dimemudian hari,” tandasnya.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: istimewa