Paduan Suara UIN Malang Bersiap Ikuti Kejuaraan International Jakarta World Choir Festival

Tim paduan suara UIN Malang

KOTA MALANG – Bukan sekadar Paduan Suara Mahasiswa biasa. Itulah yang bisa mendeskripsikan Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Gema Gita Bahana (GGB), salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa UIN Malang.

Berdiri secara resmi enam tahun lalu, paduan suara ini telah mendapatkan beberapa prestasi, yakni silver medal kategori folklore song pada kejuaraan choir nasional yang diadakan di Semarang dan Surabaya dua tahun lalu.

Dua silver medal tersebut terhitung luar biasa. Sebab, menurut penuturan humas PSM GGB, Cindhi Graceea Faatiha, selain masih berumur jagung, semua persiapan dari kostum sampai transportasi mereka urus sendiri.

“Jadi kami bukan hanya nyanyi saja. Tapi kami disibukkan juga dengan persiapan lainnya seperti kostum dan kebutuhan di sana. Tapi alhamdulilah bisa dapet silver,” ujar mahasiswa Sastra Inggris semester 6 tersebut.

Menginjak tahun 2019, PSM GGB ingin mencoba genre lagu baru. Setelah tahun sebelumnya terkenal dengan spesialis lagu daerah, kini paduan suara yang terdiri dari 37 orang tersebut ingin mencoba peruntungan baru dengan berlatih lagu pop.

Tak memerlukan waktu lama, pada bulan April lalu, mereka berani menyelenggarakan konser solo mereka bertajuk “Goes to the Beat”. Di konser tersebut, mereka menggarap lagu-lagu pop karya Freddy Mercury sampai Lady Gaga.

“Ya April lalu kita berani menggelar konser tahunan dengan tema lagu pop. Alhamdulilah antusias penonton sangat baik,” ujar Cindy, sapaan akrabnya.

Secara performa, lanjut Cindy, dirinya sangat puas dengan penampilan teman-temannya di konser tersebut. Bass, tenor sopran, dan alto menunjukan keharmonisan nada.

Tak mengherankan, jika PSM GGB kini ingin menunjukkan kemampuannya menggarap pop dengan mengikuti kejuaraan International di Jakarta, Jakarta World Choir Festival, Juli mendatang.

Bukan sekadar Paduan Suara Mahasiswa biasa masih berlaku untuk persiapan kejuaraan international tersebut. Demi memenuhi dana yang pasti perlu banyak, PSM GGB mengikuti berbagai lomba paduan suara lokal seperti Islamic Choir Festival yang diadakan di Masjid Raden Fatah, Universitas Brawijaya (UB).

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Penyunting: Kholid Amrullah