Pacu Millenial Keluarkan Jiwa Seni, Prodi PGSD Unikama Adakan Pagelaran Seni

KOTA MALANG – Demi mengasah kemampuan softskill khususnya seni tari dan musik di kalangan mahasiswa Unikama, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) mengadakan Pagelaran Seni. Mengangkat tema Mengekspresikan Kreativitas Kesenian di Era Millenial, Prodi PGSD Unikama ingin mendorong mahasiswanya menjadi pendidik yang tak hanya unggul dalam hal pengajaran, namun juga kemampuan spesial dalam diri.

Dimulai sejak pukul 7 pagi tadi di Aula Sarwakitri Unikama lewat flashmob yang diikuti seluruh peserta total 6 kelas Prodi PGSD, acara bakal berlangsung hingga sore hari karena per kelas harus mempersembahkan penampil di bidang seni musik.

“Kalau seni musik per kelas wajib mengirim 1 tim seni musik, sedangkan yang tari per kelas 6 tim,” ujar Novia Ayu Fatmawati, Ketua Pelaksana Pergelaran Seni 2019.

Mahasiswi Jurusan PGSD Unikama semester 2 ini mengatakan, acara tersebut diwajibkan bagi tiap mahasiswa karena sejatinya adalah ujian akhir dari mata kuliah seni.

“Yang akhirnya dibuat pagelaran, dan ini rutin per semester, dan dinilai juga,” paparnya.

Panitia sendiri datang dari mahasiswa semester 2 Prodi PGSD Unikama, sedangkan peserta berasal dari seluruh kelas mahasiswa semester 4 PGSD Unikama. “Totalnya sendiri ada 6 kelas jurusan PGSD,” tandas Novia.

Ketua Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar (PGSD) Unikama, Dr Cicilia Ika Rahayu Nita MPd mengatakan dengan diadakan pagelaran seni ini bagus bagi mahasiswa khususnya bagi generasi millenial. “Jadi kita buat bagaimana bikin tari tradisional menjadi modern, dengan konsep kontemporer,” katanya ditemui saat acara.

Tujuan akhirnya yakni agar mahasiswa PGSD Unikama jadi bisa belajar bagaimana budaya tari tradisional, musik juga belajar tentang bagaimana mengelola sebuah event dan meningkatkan nilai tambah dalam diri lewat tari ataupun musik dan bisa diaplikasikan jika mereka nanti menjadi pengajar profesional.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Elfran Vido
Penyunting: Fia