Orang Tua Siswa Berjubel Antre Pin PPDB

MALANG KOTA – Ratusan orang tua siswa berjubel di SMAN 4 Kota Malang kemarin (27/5). Mereka terpaksa antre menunggu giliran pengambilan pin Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMAN dan SMKN 2019. Keriuhan para orang tua juga terlihat di halaman SMAN 1 dan SMKN 3 Kota Malang.
Sesuai jadwal, pengambilan pin peserta PPDB ini dimulai 27 Mei hingga 20 Juni mendatang. Namun antusiasme para orang tua sudah terlihat pada hari pertama kemarin. bahkan saking banyaknya antrean, sebagian orang tua terpaksa pulang karena lelah menunggu, dan berencana melanjutkan antrean keesokan harinya.

Yayuk, salah satu orang tua siswa, menyatakan, tahapan PPDB tahun ini cukup membuatnya deg-degan. Karena informasi yang diterimanya terkait PPDB agak simpang siur. Seperti adanya informasi pengambilan pin PPDB harus disertai dengan Kartu Identitas Anak (KIA).
”Pagi-pagi sekali saya ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Malang untuk mengurus KIA. Ternyata hari ini cukup dengan membawa KK dan kartu UNBK anak saja,” ungkap Yayuk.

Sementara itu, Kepala Cabang Disdik Jatim Kota Malang dan Kota Batu Ema Sumiarti mengimbau para orang tua tidak terlalu terburu-buru dalam pengambilan pin. Karena waktu pengambilan pin PPDB cukup panjang, masih 25 hari lagi. ”Lagi pula hasil UNBK siswa juga baru keluar 29 Mei nanti, saya harap para wali murid tidak terlalu terburu-buru antre hingga berjubel,” ujar Ema.

Menanggapi wali murid yang salah informasi, Ema meminta para peserta didik dan wali murid untuk mengakses informasi langsung ke website ppdbjatim.net. Sehingga tidak ada lagi kebingungan dan salah informasi di antara para wali murid.

”Kami dari dinas sudah melakukan sosialisasi sebelumnya pada Jumat lalu, ketika juknis PPDB kami umumkan,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana PPDB SMAN 4 Malang Alvan Akbar menyatakan, sesuai jadwal, pendaftaran baru dimulai 11 Juni hingga 13 Juni mendatang. ”Hari ini (kemarin, Red) hanya pengambilan pin saja, jadi yang datang kemari belum tentu juga daftar ke sini,” terang Alvan.

Pewarta : (*)
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Ahmad Yani