Optimistis Bawa Poin Pulang dari Tur Panjang

KOTA MALANG – Meski masih cukup lama, pelatih Arema FC Milomir Seslija mulai memikirkan tiga laga tandang yang ada di depan mata. Tentu fokus yang utama adalah PSM Makassar lebih dulu. Sebab, Arema bakal berhadapan dengan Juku Eja–julukan PSM Makassar– di Stadion Mattoangin pada 16 Oktober.

Selanjutnya, memikirkan Persipura Jayapura yang rencananya berlangsung di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Kalimantan Timur, Minggu (20/10). Ketiga, baru PS TIRA-Persikabo yang akan dihadapi di Stadion Pakansari, Bogor, Kamis (24/10).

”Kami akan pergi (away) dan menghadapi mereka satu per satu,” kata Milo. Tur panjang ini tentu bakal melelahkan. Apalagi jarak pertandingan satu dengan yang lainnya cukup mepet. Namun, Milo tidak ingin terlalu ambil pusing.

Bagi dia, Arema punya cukup banyak pemain. Rotasi pemain juga bisa dilakukan untuk menghadapi tiga lawan di depan ini. ”Saya akan terus melihat situasi dan kondisi pemain saya,” kata pelatih dengan lisensi UEFA Pro tersebut.

Jika memang tidak bisa diturunkan, pemain yang lain harus siap mengganti. ”Tidak ada masalah, pemain lain pasti sangat ingin bermain dan menunjukkan proses mereka selama latihan,” kata Milo. Apalagi penampilan beberapa pemain Arema juga cukup bagus.

Seperti Ridwan Tawainella yang bisa bermain di posisi gelandang bertahan sekaligus sayap kanan. Juga ada Ricky Akbar Ohorela yang juga langsung nyetel dengan pemain lain meski sebelumnya menjadi pemain cadangan cukup lama.

Saat ini, jelas Milo, masih ada cukup waktu untuk mempersiapkan tiga tur yang panjang tersebut. ”Perlahan kami terus membangun tim ini untuk menjadi lebih baik lagi,” kata pelatih berkebangsaan Bosnia Herzegovina tersebut.

Sementara itu, playmaker Arema FC Makan Konate juga tidak terlalu risau dengan tiga laga away yang sudah menunggu. ”Kami akan bermain seperti biasanya saja,” kata dia. Saat ini yang penting terus mempersiapkan diri.

”Apalagi ada jeda karena FIFA match day (timnas yang akan bermain), jadi kami bisa melakukan latihan lanjutan (dengan maksimal),” kata pemain asal Mali tersebut. Menurut dia, tiga lawan yang bakal dihadapi memang bukan tim yang enteng.

Seperti PSM, meski sebelumnya (2/10) kalah 2-0 atas Arema, tapi kini situasinya berbeda. Juku Eja bakal berhadapan di depan pendukung sendiri. Tentu hal itu akan membuat semangat bermain mereka berlipat.

Meski baru dikalahkan, tapi PSM tetap harus diwaspadai. ”Saya tidak bisa banyak bicara (tentang kekuatan PSM) karena sekarang sepak bola banyak variasinya,” kata mantan pemain Sriwijaya FC itu. Konate juga optimistis, di tur panjang ini bisa meraih hasil positif.

Apalagi beberapa pemain yang cedera seperti Dedik Setiawan sudah bergabung dengan tim. Ditambah permainan Singo Edan yang semakin padu. ”Pasti menjadi pertandingan sulit dan berat, tapi saya percaya sama teman-teman juga bahwa kami bisa mencuri poin nanti,” pungkas Konate.

Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Aris Dwi Kuncoro