Optimalkan Layanan Kesehatan, Siloam Tangani Semua Kalangan Masyarakat

JawaPos.com – Kesempatan untuk mendapatkan layanan kesehatan yang optimal memang dibutuhkan masyarakat ‘tanpa pandang bulu’. Setidaknya komitmen inilah yang berusaha diwujudkan rumah sakit Siloam Hospitals.

Dalam keterangan tertulis, Senin (17/6), guna memenuhi kebutuhan pelayanan medis berkelas dunia bagi semua kalangan masyarakat di Indonesia, Siloam menunjukkan setiap unit rumah sakitnya untuk beroperasi dengan biaya yang lebih rendah. Ini berdasarkan strategi bisnis Siloam yang berdasarkan pada prinsip skala ekonomis.

Caroline Riady, Executive Director Siloam Hospitals, mengungkapkan visi mewujudkan pelayanan kesehatan berkualitas dunia atau internasional di Indonesia memang menjadi platform bagi Siloam guna merespon transformasi sosial yang dinamis di Indonesia. Sehingga, walaupun terkesan mewah, bukan berarti Siloam Hospitals hanya melayani kalangan menengah ke atas.

Ia menegaskan, seluruh Siloam Hospitals di Indonesia melayani semua kalangan masyarakat. Termasuk peserta BPJS Kesehatan. Tentu saja sebagai rumah sakit rujukan, pelayanan BPJS Kesehatan di Siloam Hospitals harus melalui proses sesuai dengan aturan BPJS Kesehatan.

“Yaitu melalui rujukan dari fasilitas kesehatan (Faskes) tingkat 1, seperti puskesmas, klinik dan dokter praktek yang sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan,” jelas Caroline Riady.

Sejauh ini, ungkapnya, sekitar 25-27 persen dari pendapatan Siloam Hospitals berasal dari pasien BPJS Kesehatan. Tentunya, Siloam akan terus berupaya melayani pasien BPJS Kesehatan sepenuh hati dan sesuai dengan pedoman pelayanan yang ditentukan pemerintah.

Namun bagi kasus kegawatdaruratan yang sesuai dengan PermenKes No.826/2012 pasien BPJS dapat langsung ke UGD Siloam Hospitals tanpa melalui proses rujukan faskes tingkat 1.

Perlu diketahui, Siloam Hospitals Group adalah jaringan rumah sakit swasta yang terdepan di Indonesia dan telah menjadi nilai standar pada pelayanan kesehatan berkualitas di Indonesia. Dalam 23 tahun beroperasi, Siloam Hospitals Group telah mengelola sebanyak 37 rumah sakit di 27 kota dan 33 klinik yang tersebar di seluruh Indonesia.

Tim medis Siloam Hospitals hingga saat ini setidaknya terdiri dari lebih dari 2.700 dokter umum dan dokter spesialis. Serta lebih dari 10.000 perawat dan staf pendukung lainnya dan telah melayani lebih dari 2 juta pasien setiap tahunnya. Tentunya dengan memberikan pelayanan klinis yang komprehensif dan mengutamakan keamanan pasien.

Dengan semua fasilitas dan pelayanan yang dimiliki, Siloam Hospitals diharapkan dapat selalu melakukan pengabdian pada sistem layanan kesehatan Indonesia, melalui pendidikan, pencegahan, skrining, diagnosis, kasus, dan rehabilitasi.

Keberadaan tim multidisiplin yang terdiri dari dokter senior dan teknologi terkini, Siloam Hospitals turun tangan untuk menegakkan diagnosa yang tepat dan memberikan tindakan yang tepat guna.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah