OPD Patungan Bangun TK di Area Perbatasan

JABUNG – Pemerataan kualitas pendidikan di Kabupaten Malang masih menjadi pekerjaan rumah (PR) panjang bagi Pemkab Malang. Kemarin (13/1) secara khusus Bupati Malang Drs H.M. Sanusi MM mengunjungi Dusun Umbut Legi di Desa Taji, Kecamatan Jabung. Di lokasi yang menjadi perbatasan Kabupaten Malang dengan Kabupaten Pasuruan itu diketahui ada 174 kepala keluarga (KK) yang tinggal. Dan sampai kemarin diketahui belum ada sekolah taman kanak-kanak (TK) di sana.

Untuk memenuhi kebutuhan pendidikan, warga di sana menggunakan bangunan rumah milik salah satu warga yang diwakafkan untuk menjadi gedung sekolah. Sebelumnya, warga sekitar yang ingin menyekolahkan anaknya harus keluar di dusun tetangga dengan rute yang cukup jauh. ”Kalau TK dan PAUD adanya di Dusun Krajan. Kalau di Dusun Umbut Legi ini belum ada. Makanya kami berterima kasih kepada Pak Bupati bisa membantu kami dengan mendirikan bangunan TK di sini (Dusun Umbut Legi),” kata Kepala Desa Taji Dindin Siswanto.

Bupati Malang Drs H.M. Sanusi MM menuturkan bahwa permohonan bantuan pembangunan TK tersebut kali pertama disampaikan Yasin, warga yang mewakafkan rumahnya. Yasin diketahui telah mendatangi rumah dinasnya beberapa waktu lalu. ”Setelah saya lihat ternyata rumahnya hanya satu. Jadi, Pak Yasin ini setelah rumahnya dijadikan TK akan tinggal sama orang tuanya,” kata Sanusi. Atas komitmen tersebut, Sanusi yang juga didampingi beberapa pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) meminta patungan dana untuk membangun TK di Dusun Umbut Legi.

”Karena ini sudah masuk tengah anggaran, kan nggak mungkin kalau menunggu APBD, jadi urunan saja. Kalau menurut dinas cipta karya tadi, (dana) Rp 50 juta sudah cukup untuk membangun dua kelas,” sambung Sanusi. Target ke depan, politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu berharap agar akses pendidikan di seluruh wilayah Kabupaten Malang bisa didapat secara sama rata oleh masyarakat.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut yakni Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Dr Wahyu Hidayat, Kepala Dinas PU Sumber Daya Air Avicena Medisica Saniputera, Kepala Dinas PU Bina Marga Ir Romdhoni, dan Kepala Dinas Sosial Nurhasyim. Hadir juga Kepala Dinas Pendidikan Rahmat Hardijono, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Budiar Anwar, Sekretaris Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Jhonson Sunaru, dan Camat Jabung Hadi Sucipto.

Pewarta : Farik Fajarwati
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Bayu Mulya