Online, Real Time dan Minim Kecurangan

MALANG KOTA – Untuk kali pertama, Tryout Kejujuran tak lagi menggunakan kertas. Sejalan dengan penerapan ujian nasional berbasis komputer (UNBK), tryout yang diinisiasi Jawa Pos Radar Malang itu memanfaatkan komputer, bahkan smartphone.

Itu terlihat dari pelaksanaan Tryout Kejujuran untuk SMK se-Malang Raya Jumat (22/2). Total, ada 15.661 siswa yang mengikuti tryout kali ini.

Setiap siswa mengerjakan 100 soal. Rinciannya, 35 soal bahasa Indonesia, 30 soal matematika, dan 35 soal bahasa Inggris.

Ada batas waktunya untuk mengerjakan setiap soal itu. Paling lama adalah matematika, di mana siswa mendapatkan waktu 70 menit. Sementara untuk bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, dijatah sama, yakni 65 menit.

Meski menggunakan gadget, tapi Tryout Kejujuran meminimalisasi siswa yang ingin mencontek. Sebab, jawaban pilihan gandanya menggunakan sistem acak.



Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMKN Kota Malang Drs H. Wadib Su’udi MM menambahkan, pelaksanaan Tryout Kejujuran dengan sistem computer based test (CBT) ini sangat membantu siswa. Minimal bisa meminimalisasi kecurangan atau kebocoran soal yang terjadi.

”Sistem CBT dilakukan secara online dan real time. Hasilnya juga bisa didapatkan lebih cepat kepada siswa,” ujar pria yang juga kepala SMKN 4 Kota Malang ini.

Wadib menyatakan, hasil tryout ini akan dipakai sebagai bahan evaluasi guru dalam mengukur kualitas siswanya. Minimal bisa mengetahui pemahaman siswa dan kecakapannya menggunakan teknologi.

Pewarta               : *
Copy Editor         : Dwi Lindawati
Penyunting         : Indra Mufarendra
Fotografer          : Dwi Kartiko