Obor Paskah Bawa Misi Perdamaian

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko dan Ketua DPRD Kota Batu Cahyo Edi Purnomo memegang obor Paskah saat singgah di Balai Kota Among Tani kemarin (29/3).

KOTA BATU – Rombongan Kirab Obor Paskah Nasional sebagai perayaan Hari Paskah yang jatuh hari ini kemarin (29/3) mampir di Balai Kota Among Tani, Kota Batu. Rombongan yang membawa misi mengampanyekan perdamaian ini akan menjelajahi 2/3 wilayah Indonesia. Kota Batu menjadi wilayah kesekian yang disinggahi, setelah berangkat dari Danau Tondano, Sulawesi Utara, pada 14 Maret lalu. Rencananya, mereka akan mengakhiri perjalan sampai di Danau Toba, Sumatera Utara, yang diperkirakan akan tiba di sana pada 14 April mendatang.

Ketua Paskah Nasional Pendeta Shephard Supit mengatakan, Kirab Obor Paskah Nasional ini memang sengaja singgah ke Kota Batu. Menurut dia, itu karena beberapa alasan.

”Ada kerinduan kami dengan kota ini, Kota Wisata yang sudah cukup dikenal,” kata dia.
Shephard melihat Kota Batu sebagai kota keberagaman. ”Tentunya, kalau kota wisata tentu terbuka untuk semua golongan dan latar belakang,” kata dia.

Nah, Shephard ingin menjadikan Kota Batu sebagai salah satu yang dilintasi Kirab Obor Paskah Nasional. Itu sejalan dengan misinya, yakni menyebarkan perdamaian.

”Ini adalah kota dengan keberagaman. Dengan obor Paskah nasional ini, kami ingin mengokohkan di sini sebagai kota keberagaman itu,” kata dia.



Selain itu, dia juga ingin menjadikan Kota Batu sebagai ikon pluralitas kehidupan di Indonesia. Menurutnya sudah puluhan kota dari lima provinsi yang disinggahi kirab ini.

”Kami ingin, di hari besar kaum Kristiani ini kita mengedepankan toleransi. Karena memang sudah sesuatu yang tidak dapat diisangka lagi bahwa sebenarnya Indonesia itu plural. Misi utama kami memperkuat, yang sebenarnya sudah ada,” kata dia.

Sekarang ini, menurut dia, potensi tidak damai cukup besar. ”Sekarang, siapa pun elemen masyarakat wajib lah mengampanyekan perdamaian,” ujar Shephard.

Rombongan kirab ini pun mendapatkan sambutan meriah dari Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, serta Ketua DPRD Kota Batu Cahyo Edi Purnomo. Dewanti mengatakan, misi yang dibawa dalam Kirab Obor Paskah Nasional itu sangat besar.

”Mudah-mudah ini bisa jadi contoh, dan siapa pun bisa menjadi duta dan pioner kedamaian di daerah masing-masing,” katanya.

Pewarta: Aris Dwi
Penyunting: Aris Syaiful
Copy Editor: Arief Rohman
Foto: Falahi Mubarok