Obati Kangen Mudik dengan Kumpul Bersama Anggota

Kapolresta Malang

RADAR MALANG ONLINE – Mudik sudah menjadi tradisi setiap Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Namun hal itu perkara mudah bagi Kapolresta Malang AKBP Asfuri.

Banyak tugas yang harus diemban selama Lebaran. Yakni melakukan pengamanan. “Karena sebagai aparat kepolisian tidak bisa pulang kampung. Kami melaksanakan pengamanan di Kota Malang,” ujar Asfuri kepada RADAR MALANG ONLINE.

Asfuri tak memungkuri sangat kangen bisa mudik bareng keluarga. Pasalnya, dia sudah lama dirinya tidak melaksanakan mudik. “Terakhir kali mudik pada 2015, ke Purworejo dan Kendal,” terang mantan Kabag Ops Polres Metro Jakarta Pusat itu.

Tapi sebagai abdi negara, Asfuri harus rela melewatkan salah satu tradisi Lebaran itu. Sebagai gantinya, Asfuri mengisi waktu Lebaran dengan berkumpul bersama anggota di rumahnya. “Setelah salat Ied ada open house. Sebelumnya akan keliling dari pejabat mulai Danrem, Dandim dan yang lain,” ungkapnya.

Pada momen Idul Fitri, ada makna tersendiri bagi Asfuri. “Kita kembali fitrah setelah melaksanakan ibadah puasa Ramadan selama satu bulan. Tentunya di hari fitri itu kembali suci,” jelasnya.

Selain itu, Idul Fitri juga menjadi waktu yang tepat untuk intropeksi apa yang sudah dilakukan sebelumnya. “Ada kekurangan, ke depan akan ditingkatkan menjadi lebih baik,” pungkas Asfuri.

(fis/JPC)