Nurdin Halid Sebut Munaslub Digelar Jika Diusulkan 2/3 DPD I

Ketua Harian DPP Partai Golkar Nurdin Halid menjelaskan, rapat kali ini digelar untuk menjelaskan perihal lima poin hasil Rapat Pleno DPP Partai Golkar beberapa waktu lalu.

“Rapat ini seperti dikatakan Pak Idrus Marham selaku Plt Ketum untuk menjelaskan kepada ketua DPD seluruh Indonesia tentang keputusan rapat pleno DPP,” kata Nurdin saat ditemui di lokasi seperti dilansir RMOL (Jawa Pos Group).

Nurdin menegaskan, jika nanti dalam pertemuan itu muncul wacana diselenggarakannya musyawarah nasional luar biasa (Munaslub) maka aspirasi yang disampaikan pengurus DPD I Golkar itu akan disalurkan sebagaimana anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) partai.

“Tidak boleh ada oknum atau ketua DPD melakukan langkah di luar koridor yang merupakan kesepakatan oleh Partai Golkar,” tegasnya.

Dalam AD/ART partai, apabila ada 2/3 dari seluruh pengurus DPD I Golkar mengusulkan digelarnya Munaslub, maka DPP harus segera menggelar pleno untuk menjalankan tuntutan itu.

Terkait itu, Nurdin memastikan bahwa DPP akan segera menggelar Munaslub apabila syaratnya sudah cukup. “Ya pasti, satu mengusulkan itu kita bicarakan di DPP,” tukasnya.

Sebelumnya diketahui, pada Selasa (21/11), DPP Partai Golkar menggelar rapat pleno yang dipimpin oleh Ketua Harian Partai Golkar Nurdin Halid selama kurang lebih sembilan jam.

Rapat pleno itu menghasilkan lima keputusan, terkait suasana batin kader Partai Golkar mengenai ditahannya Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto.


(yuz/jpg/JPC)