November, Pokdarwis Gubugklakah Resmikan Rumah Kapsul

PONCOKUSUMO – Ada fasilitas baru di Rest Area Gubugklakah, Kecamatan Poncokusumo. Fasilitas tersebut dinamakan dengan home pod atau rumah kapsul.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Gubugklakah Purnomo Anshori mengatakan bila bangunan itu sengaja disiapkan bagi pengunjung yang hendak beristirahat di rest area. ”Memang sudah dibangun, tapi belum kami resmikan,” kata dia.

Dia menyebut bila dana untuk pembangunan home pod itu berasal dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI. Dengan luas bangunan sekitar 4×4 meter dan tinggi kurang lebih 5 meter, rumah kapsul bisa menampung 3–4 orang.

”Konsepnya nanti adalah homestay keluarga,” sambung Anshori. Dia menyebut bila bangunan yang terbuat dari bambu anyaman dengan kerangka besi itu baru siap dihuni pada November.

”Kami masih perlu adanya pengadaan untuk fasilitas di dalam home pod ini,” terangnya. Disinggung terkait berapa ongkos sewanya, dia mengaku belum bisa memastikannya.

”Yang jelas akan lebih mahal dari homestay biasanya. Kalau homestay yang sudah disediakan warga desa di sini sekitar Rp 150 ribu. Kalau ini (home pod) sekitar Rp 300 ribu–Rp 400 ribu, tapi masih akan kami musyawarahkan dengan Kementerian Pariwisata,” jelas Anshori.

Untuk sementara, baru ada satu rumah kapsul yang telah dibangun. Bila jumlah peminatnya bertambah, mereka membuka kemungkinan untuk menambah unitnya. ”Ya inginnya lebih dari satu. Tapi, akan kami lihat dulu minatnya. Lalu kami musyawarahkan juga dengan Kemenpar RI,” tutupnya.

Pewarta : nr5
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Bayu Mulya