Nikon Tutup Bengkel Perbaikan Resminya 2020 Mendatang

JawaPos.com – Produsen kamera asal Jepang, Nikon, berencana untuk mengakhiri program perbaikan resminya awal 2020 mendatang di Amerika Serikat (AS). Pengguna kamera Nikon nantinya hanya bisa melakukan perbaikan langsung hanya ke sentra perbaikan Nikon.

Sebagaimana dilansir JawaPos.com dari iFixit, Kamis (12/12), Nikon akan mengakhiri program perbaikan resminya awal 2020 di AS. Hal itu kemungkinan akan meninggalkan lebih dari puluhan bengkel tanpa akses ke suku cadang dan alat-alat resmi, serta memotong jumlah tempat perbaikan yang ada sekarang. Skema perbaikan perangkat seperti ini mirip dengan apa yang dilakukan Apple. Perangkat yang rusak secara resmi hanya dikirim ke pihak Apple untuk diperbaiki tanpa mengandalkan sentra perbaikan lain dalam bentuk apapun.

Dengan kata lain, bengkel perbaikan resmi kamera Nikon yang ada saat ini di AS akan menjadi bengkel tidak resmi. Nikon juga diketahui telah memutuskan untuk berhenti menjual suku cadang asli ke toko-toko non-resmi pada 2012 lalu.

Dalam sebuah pernyataan kepada iFixit, awal November lalu Nikon USA memberi tahu sekitar 15 anggota toko perbaikan resmi bahwa mereka tidak akan memperpanjang kerja sama setelah 31 Maret 2020. Dalam keterangan tersebut, Nikon menuliskan bahwa mereka tengah berusaha untuk mengimbangi iklim bisnis yang ada saat ini dan harus mengubah cara penyediaan layanan produk bagi pengguna akhir.

“Nikon telah membuat keputusan bisnis untuk mengakhiri hubungannya dengan semua Stasiun Perbaikan Resmi di AS pada 31 Maret 2020. Setelah tanggal itu, layanan resmi Nikon akan disediakan oleh Nikon di fasilitas perbaikannya di Melville, New York dan di Los Angeles, California, AS. Kami tetap berkomitmen untuk memberikan dukungan produk dan layanan perbaikan terbaik kepada pelanggan kami,” jelas keterangan tersebut.

IFixit menyimpulkan bahwa dengan kondisi tersebut, bisnis kamera Nikon, secara perlahan ‘berdarah’ oleh smartphone dan akan mengadopsi model perbaikan yang bahkan lebih ketat daripada Apple atau pembuat smartphone lainnya. Jika kamera rusak, perangkat kini mesti dikirimkan hanya ke pusat perbaikan di titik-titik yang telah ditentukan.

Di tanah air, Nikon diketahui besar dengan perangkat dan ekosistem kameranya. Belakangan malahan Nikon gencar menelurkan kamera mirrorless full-frame terbaru dan jajaran lensa terkini yang menarik bagi para fotografer, baik pemula hingga profesional. Hingga berita ini dibuat, belum ada tanggapan dari pihak Nikon di Indonesia terkait dengan isu diberhentikannya program perbaikan resmi yang akan terjadi di AS.