Nikmatnya Menyeduh Kopi Rasa Buah

MALANG KOTA – Dengan proses pengolahan yang tepat, biji kopi yang di-grind, di-roasting, lalu diseduh bisa menghasilkan aneka rasa buah seperti nanas, pisang, hingga manggis. Inovasi kopi rasa aneka buah tropis ini, justru lahir bukan dari tangan barista.

Melainkan buah kreasi mahasiswa Universitas Brawijaya yang tergabung dalam tim Bataco. Tim dari fakultas teknik dan fakultas pertanian.

Tim ini beranggotakan lima orang. Yakni, Novita Kartika Kusuma Wardani, Elok Faikoh, Fajar Noor Alamsyah Nugraha, dari Fakultas Pertanian, Muhamad Ibnu Fajar dan Yusril Fatahilmi dari fakultas teknik. Seluruhnya,  tertantang membuat ide berbeda dari cara menyeduh dan menikmati kopi.

”Kalau kegemaran para penikmat kopi kan, biasanya kopi Arabica yang sudah terkenal. Kami kepikiran bagaimana jika ada biji kopi, yang diseduh dengan rasa berbeda. Misalnya, buah,” kata mahasiswa fakultas teknik ini.

Saat ditemui di fakultas teknik kemarin (18/6), dia dan tim asyik menyajikan kopi buatan mereka. Kopinya sangat spesial. Karena melalui proses ekstraksi dan fermentasi aneka buah pada biji kopi Arabica yang berasal dari lereng Gunung Arjuna.



”Awalnya kami mencoba membuat teh rasa pisang. Saat diujikan, rasanya mirip kopi. Kemudian kami berpikir, kenapa enggak kopi aneka buah?” kata mahasiswa asli Sidoarjo ini.

Proses membuat kopi rasa buah tropis ini dibuat dalam dua metode berbeda. Pertama, ekstrasi buah yang dibuat dalam bentuk bubuk. ”Setelah buah diekstraksi, bisa dicampurkan ke dalam seduhan kopi yang kami tambahkan susu plain,” kata dia. Proses fermentasi menghabiskan waktu lima hari. Proses ini mirip dengan fermentasi pada tempe. ”Buah yang ada zatnya dicampurkan ke dalam kopi yang di-grind. Lalu dari situ proses fermentasi dimulai,” kata dia.

Gara-gara ide kopi buah ini, dirinya bisa melalang buana di banyak perlombaan internasional. Seperti medali emas di International Invention and Innovative Competition (InIIC) 2019 Malaysia dan Inst 2018 Taiwan (Bronz Medal & Special Award), IDC Hongkong 2018 (Double Special Award & Silver Reward). ”Selain membawa kopi aneka buah, kami juga mengajak juri menikmati cara minum kopi khas beberapa daerah di Indonesia,” pungkas dia.

Pewarta : Sandra Desi
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Indra Mufarendra
Fotografer : Laoh Mahfud