Nikmati Lezatnya Miso Ramen Hotel Aston Priority Simatupang

JawaPos.com – Ramen sudah umum dikenal masyarakat Tanah Air sebagai mie asal Jepang. Berbagai resto menyediakam aneka ragam menu ramen yang dimodifikasi dengan kearifan lokal sehingga sesuai selera lidah masyarakat Indonesia. Jika mampir ke Aston Priority Simatupang Hotel Jakarta Selatan, ada menu Miso Ramen yang bisa menjadi pilihan.

Untuk menghasilkan rasa yang pedas dan nikmat, chef Aston Priority Simatupang menghadirkan rasa pedas dengan racikan cabai rawit khas Jepang.

“Kami mencoba menghadirkan cabai rawit jepang yang berkualitas. Untuk menghasilkan rasa yang nikmat, cabai tersebut kami rebus terus di-blend halus,” kata Chef Aston Priority Simatupang Hotel Jakarta, Didi Aliyadi kepada JawaPos.com.

Tingkat kepedasan pun bisa diatur, mulai dari level satu (satu atau dua cabai) hingga level sepuluh di mana kuah ramen berubah menjadi merah. Khusus untuk Miso Ramen di Aston Priority Simatupang Hotel Jakarta, Didi menyajikannya dengan lauk dari makanan laut, seperti daging ikan salmon dan udang.



Sebagai pengganti daging ayam, disajikan beberapa jamur dengan rasa berbeda seperti shitake, simeji dan enoki. Didi juga menambahkan wakame (rumput laut kering) di atas kuah ramen tersebut.

Kuah ramen sendiri dibuat dari miso siro (kaldu berwarna putih dengan rasa yang gurih, Red) ditambah dengan tauco hitam. Bumbu lain seperti bawang merah, bawang putih, bawang bombay, jahe, serta campuran sayuran berupa tumis wortel dan butter juga ikut dimasukkan.

Menu tersebut menjadi highlight dari pembukaan outlet  Momiji Japanese Lounge di lantai dua hotel Beberapa menu lain yang bisa dinikmati di sana adalah Ozen, Teppanyaki dan Donburi. Momiji Japanese Lounge juga memiliki Matcha Latte dan Matcha de Coco sebagai minuman jagoan mereka. Momiji Japanese Lounge dapat menampung hingga 22 orang dengan jam operasional mulai pukul 08.00 hingga 22.00.

Dilansir dari Very Wll Fit pada Senin (22/7), penulis artikel gizi Shereen Lehman menjelaskan bahwa ramen memiliki sekitar 190 kalori, 26 gram karbohidrat, dan lebih dari 7 gram total lemak, termasuk 3 gram lemak jenuh. Satu porsi mi ramen mengandung sekitar 500 miligram sodium.

Untuk membuat semangkuk ramen yang rendah kalori tetapi bernutrisi tinggi, sejumlah modifikasi bisa dilakukan. Penambahan topping ayam dan sayuran menambah vitamin dan protein tanpa menambah banyak lemak. Menambahkan sayuran dan daging tanpa lemak tidak hanya menambah volume pada ramen dan meningkatkan jumlah porsi, tetapi juga membantu mengurangi dampak lemak pada ramen.

Setelah menyantap ramen, salad, minyak zaitun atau minyak kenari bisa menjadi santapan penutup yang tepat. Tiga kudapan penutup itu bisa menambah lemak sehat, vitamin, mineral, dan serat.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Marieska Harya Virdhani