Ngidam Ke De Klein Switzerland? Ke Sini Aja!

KOTA BATU – Berjuluk De Klein Switzerland, kawasan Desa Sidomulyo Kecamatan Batu ini memikat wisatawan dengan beragam bunga. Ya, wilayah ini memang menjadi salah satu sentra budidaya pertanian hortikultura di Kota Batu, khususnya tanaman hias.

Bahkan, nama-nama jalan di area ini kental dengan nuansa bunga. Seperti Jl Cemara Kipas, Jl Palem Kuning, Jl Cempaka, Jl Mawar Putih, dan masih banyak lainnya. Ketika akan memasuki kawasan ini, pengunjung atau wisatawan disambut dengan gapura bertuliskan ‘Masuk Kawasan Wisata Bunga Sidomulyo’.

Ketua Kelompok Petani Gelora Bunga, Roni menyatakan ada lebih dari 600 varietas tanaman yang berhasil dibudidayakan menjadi tanaman hias. Hasil panen itu juga telah dikenal hingga ke luar daerah di seluruh Indonesia.

“Beraneka tanaman dan jenis bunga hias bisa dijumpai di area Pasar Sekarmulyo. Bahkan kita juga melayani pengiriman ke luar daerah, ya Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, paling jauh ke Papua,” ujarnya.

Salah satu tanaman yang paling banyak dicari yakni Pohon Bromelia (jenis Nanasan). Dengan variasi harga mulai Rp 2000 per potong hingga Rp 2 juta per pohon.



Menurutnya, Kota Batu menjadi sentra tanaman hias karena memiliki kualitas tanaman yang lebih unggul dibanding dengan daerah lainnya.

Kerap dikunjungi wisatawan, desa ini juga menjadi salah satu destinasi Desa Wisata di Kota Batu. Hanya saja masih perlu banyak pengembangan inovasi untuk menjadikan kawasan ini dilirik lebih banyak pengunjung.

“Pastinya untuk benar-benar menjadi desa wisata pengemasannya masih perlu banyak inovasi. Karena itu kami juga berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata dan Dinas Pertanian untuk diberikan bimbingan agar ke depan Desa Wisata Sidomulyo ini semakin berkembang,” pungkasnya.

Pewarta: Arifina
Foto: Arifina
Penyunting : Fia