Ngabuburit, Pacu Adrenalin di Sirkuit Jalibar

KOTA BATU – Berbeda di hari biasanya, Jalur Lintas Barat (Jalibar), Kecamatan Batu, setiap hari bakal dipenuhi warga Kota Batu di bulan Ramadan ini. Pasalnya, banyak dari mereka mengisi waktu menunggu puasa dengan menonton dan bermain motor cross. Ya, tersedia sirkuit untuk pencinta motor trail gratis untuk siapa pun.

Selain di bulan Ramadan sebenarnya sirkuit tersebut juga dapat digunakan. Hanya saja tidak intens seperti di bulan Ramadan. ”Biasanya cuma Sabtu-Minggu, kalau bulan puasa gini setiap hari sekalian ngabuburit,” terang Farci Razan, salah satu pemain motor cross ini.

Tidak ada syarat untuk berpacu adrenalin di lintasan tersebut. Meski demikian, Farci tetap mengenakan perlengkapan keamanan mulai dari helm, sepatu, body protector, goggle atau kacamata khusus untuk motor cross. ”Pelindung siku sama lutut penting, paling rawan,” ungkapnya. Namun, masih banyak yang tidak menghiraukan hal tersebut. ”Tetap saja ada juga yang pakai sandal tanpa helm,” sesalnya.

Tentu saja, selain keterampilan atau kemampuan berkendara trail, juga diperlukan nyali. Lantaran olahraga otomotif ini sangat bersinggungan dengan bahaya. Kecelakaan, jatuh, dan cedera adalah hal yang mafhum bagi pengendara. ”Tapi kita tetep tolongin sesama pengendara,” tambahnya.

Di sisi lain, event olahraga otomotif ini bisa dibilang masih sepi peminat. Padahal, banyak anak muda yang menggandrungi dunia trail ini. Jika olahraga ini diwadahi dengan kompetisi, bisa mengurangi perbuatan negatif anak muda.



Pewarta : Mochamad Sadheli
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Abdul Muntholib
Fotografer : Mochamad Sadheli