Nazaruddin Ngaku Ngasih duit Ke Fahri Hamzah, KPK Bilang Begini

Nazaruddin Ngaku Ngasih duit Ke Fahri Hamzah, KPK Bilang Begini

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang menegaskan, pihaknya akan mempelajari apabila ada laporan dari Nazaruddin soal Fahri Hamzah.

“Kalau memang dia (Nazaruddin) bisa memberikan bukti ke KPK, nanti akan dipelajari,” ujar Saut saat dutemui dalam rapat konsolidasi Partai Golkar di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (19/2).

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah.
(RADAR MALANG ONLINE)

KPK, lanjut Saut, akan menanggapi semua laporan pengaduan. Termasuk yang sifatnya tertutup. Apalagi ini yang terang-terangan Nazaruddin menyebut Fahri Hamzah. 

“Itu akan didalami KPK oleh penyidik kemudian kalau bukti cukup masuk ke penyelidikan, jadi ada prosesnya,” katanya.

Namun demikian Saut enggan menilai apakah Fahri Hamzah melakukan korupsi seperti yang disebut oleh Nazaruddin. Karena hal itu masih perlu dibuktikan terlebih dahulu. “Jadi enggak boleh berburuk sangka terhadap orang,” pungkasnya.

Sebelumnya, mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Nazarudin mengatakan bakal melaporkan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah ke KPK.  Laporan tersebut kata Nazar, dilakukan karena Wakil Ketua DPR tersebut dinilai terlibat dalam sebuah proyek yang berbau korupsi.

“Saya akan menyerahkan segera berkas ke KPK, tentang korupsi oleh Fahri Hamzah, waktu dia menjadi Wakil Ketua Komisi III DPR,” kataNazarudin usai bersaksi di persidangan perkara korupsi e-KTP dengan terdakwa Setya Novanto di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jalan Bungur Besar, Jakarta Pusat, Senin (19/2).

Menurut Nazarudin, nantinya ketika dirinya ke KPK, dia akan memberikan secara jelas keterlibatan Fahri Hamzah dalam salah satu proyek yang merugikan keuangan negara.

“Di mana saya menyerahkan uangnya dan berapa angkanya dia menerima, yang beberapa kali,” ungkap Nazarudin.

Namun ketika ditanya lebih lanjut terkait proyek apa yang diduga menyeret nama Wakil Ketua DPR tersebut, suami Neneng Sri Wahyuni itu lagi-lagi belum mau mangungkapkan ihwal proyek yang dimaksud.

Namun yang pasti, katanya, hal ini terkait keterlibatan Fahri Hamzah dalam kasus saat mantan politisi PKS itu masih menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi III DPR.


(gwn/JPC)