Nahas, Begini Nasib Wakil Vietnam Terakhir yang Pernah Menantang PSM di Asia

 

Skuat PSM Makassar ketika Juara tahun 2000.

RADAR MALANG ONLINE – Jauh sebelum berhadapan Becamex Binh Duong di semifinal Zona ASEAN Piala AFC 2019, PSM Makassar pernah menghadirkan mimpi buruk ke klub asal Vietnam lainnya.

Sukses memuncaki klasemen Grup H Piala AFC 2019, PSM Makassar harus berhadapan dengan klub asal Vietnam, Becamex Binh Duong, dalam dua leg semifinal Zona ASEAN yang berlangsung masing-masing pada 19 dan 26 Juni.

Melawan klub yang mampu menyisihkan Persija Jakarta di Grup G Piala AFC 2019, PSM jelas tak bisa jemawa meski diketahui menyandang status juara grup.

Becamex Binh Duong sudah terbukti mampu menyulitkan wakil Indonesia, dengan hasil imbang di laga tandang dan menang 3-1 di laga kandang kontra Persija Jakarta.

PSM vs Klub Vietnam

Jika melihat lebih jauh ke belakang, bukan hanya Becamex Binh Duong yang punya catatan bagus dalam pertandingan klub asal Indonesia vs klub asal Vietnam.

PSM juga mampu mencatat hasil yang tak kalah membanggakan buat Indonesia. tepatnya ketika melumat habis Song Lam Nghe An dengan agregat skor telak 4-1. Momen itu terjadi dalam dua pertemuan di putaran pertama Asian Club Championship (sekarang Liga Champions Asia) 2000/01.

Saat itu, PSM yang berpredikat kampiun Liga Indonesia 1999/00 mampu menunjukan kedigdayaannya atas Song Lam Nghe An dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Nasional Hanoi, Vietnam, Minggu (10/9/00)

Hanya bermain imbang tanpa gol di Makassar, Tim Juku Eja berhasil menggelontorkan empat gol, yang masing-masing dicetak oleh Miro Baldo Bento, dua gol Kurniawan Dwi Yulianto, dan satu gol pemain asing Fouda Ntsama.

Sementara tim tuan rumah Song Lam Nge Ahn hanya mampu membals satu gol, lewat lesatan Van Sy Hung di menit ke-53. Atas kemenangan 4-1 tersebut, PSM Makassar pun sukses memaksa Song Lam angkat koper dari Asian Club Championship 2000/01.

Akankah nasib nahas Song Lam Nghe An menular kepada Becamex Binh Duong? Kita nantikan saja dalam duel yang berlangsung di Stadion Go Dau, Vietnam, Rabu (19/6/19) sore pukul 17.00 WIB.