Musim Penghujan Tiba, Waspadai ISPA

Pemakaian masker disarankan untuk menghindari resiko ISPA

KOTA MALANG – Intensitas hujan di Kota Malang semakin tinggi. Selain dibayangi musibah banjir, pohon tumbang maupun tanah longsor, masyarakat juga dibayangi berbagai penyakit, salah satunya Infeksi Saluran Pernafasan Akut atau biasa disebut ISPA.

“Dari cuaca yang cenderung dingin ini memang bisa berakibat meningkatnya kasus-kasus yang sensitif di tenggorokan. Apakah itu alergi atau infeksi saluran nafas,” ujar dr. Umar Usman, Kepala Puskesmas Arjuno, Jumat, (30/11).

Jika ditelaah, gangguan-gangguan ISPA tersebut dapat berupa paringitis atau flu sampai infeksi saluran nafas hingga asma.


“Jadi bisa masuk kelompok alergi, kelompok infeksi bisa juga,” tambahnya. ISPA sendiri adalah infeksi akut yang menyerang satu komponen saluran pernapasan bagian atas seperti hidung, faring, sinus, dan laring.

Untuk mengantisipasi gangguan pernafasan tersebut, Umar menghimbau kepada warga Kota Malang agar selalu menyiapkan masker saat bepergian. Selain menggunakan masker, ia berpesan untuk warga Kota Malang untuk mengurangi konsumsi minuman dingin.

“Karena sekarang cuaca juga sedang dingin, jadi sebisa mungkin dikurangi dulu minuman dingin, diperbanyak yang panas,” urainya.

Ia menambahkan, gejala utama ISPA sendiri bisa berupa batuk dan demam. Jika sudah akut, ISPA dapat disertai sesak napas, nyeri dada, dan lain sebagainya.

“Kalau merasa ada gejala langsung segera diperiksakan, bisa di Puskesmas Arjuno sini,” ungkap Usman. Usman juga menganjurkan masyarakat untuk selalu melindungi tubuh terhadap hawa dingin dengan mengenakan jaket.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Elfran Vido
Penyunting : Fia