Musim Hujan, Kota Malang Waspada DBD

 

KOTA MALANG- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang mengimbau masyarakat Kota Malang agar mewaspadai datangnya penyakit demam berdarah yang biasanya kerap muncul di musim hujan.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Malang, Husnul Muarif, menuturkan ada sejumlah langkah pencegahan yang bisa dilakukan masyarakat. Di antaranya adalah tidak membiarkan adanya genangan air, terutama di sekitar permukiman.

“Kita semua harus waspada genangan air di sekitar lingkungan harus dihilangkan, jika begitu, maka nyamuk tidak akan datang,” tuturnya pada Selasa (7/1).

Lalu, masyarakat harus rutin menguras bak kamar mandinya. Minimal seminggu sekali. Serta tidak menggantung atau menumpuk baju kotor, serta menutup jendela saat malam datang.

Kerja bakti membersihkan lingkungan juga amat dianjurkan.

Edukasi untuk mencegah DBD juga sudah dilakukan Dinkes melalui UPT (unit pelayanan teknis). Yakni Puskesmas yang tersebar di 57 kelurahan.

“Melalui kegiatan preventif ini masyarakat akan dibimbing untuk berperilaku sehat,” kata dia.

Sebagai catatan, untuk kasus demam berdarah sendiri di Kota Malang, Husnul menerangkan sepanjang 2019, ada sebanyak 200 sampai 300 kasus demam berdarah dengan menelan korban meninggal dunia sebanyak 2 orang.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Jawapos.com

Editor : Indra M