Musim Hujan Datang, Puting Beliung Mengintip

MALANG – Musim hujan pada tahun ini diprediksi mulai turun di bulan November. Kepala BMKG Karangkates, Musripan, SE menjelaskan, berdasarkan pantauan cuaca untuk wilayah Malang dan sekitarnya dalam bulan ini akan lebih sering berawan dan berpeluang untuk turun hujan.

“Ini merupakan musim pancaroba dari musim kemarau ke awal musim hujan, bahkan sebagian Jawa Timur sudah turun hujan,” terangnya.

Karenanya, ia meminta masyarakat untuk selalu mengupdate prakiraan cuaca. Sebagai antisipasi rawan bencana disaat musim hujan. Misal, angin puting beliung yang dianggap berbahaya.

“Angin puting beliung ini samangat kita khawatirkan, karena proses terjadinya puting beliung ini sangat singkat, bisa saja belum sempat kita infokan itu sudah terjadi, susah untuk kita memberi peringatan,” beber Musripan.

Selain itu, pohon tumbang juga menjadi peringatan dini yang perlu diwaspadai. Menurutnya, wilayah Malang ini merupakan daerah yang dikelilingi dengan banyak pohon rindang.

“Tidak akan saya sebutkan per wilayah, karena bisa secara umum mana wilayah yang banyak pepohonan yang usianya sudah cukup tua,” pungkasnya.

Sedangkan, untuk banjir dan longsor diperkirakan tidak akan terjadi dalam waktu dekat. Karena intensitas hujan yang belum rutin.

Pewarta : Feni Yusnia
Penyunting: Kholid Amrullah