Mural Nasionalisme Hias Tembok SMAK Dempo

MALANG KOTA – Para siswa SMAK St Albertus Malang (Dempo) kemarin (1/8) menuangkan kreativitasnya melalui gambaran mural di tembok sekitar lapangan sekolah. Tulisan-tulisan yang mereka buat pun cukup kreatif dan masih berbau nasionalisme.

Salah satunya seperti yang terlihat di salah satu mural dengan tulisan ”Indonesia Beragam bagai Gado-Gado”. Mural lainnya juga tidak kalah menarik, yakni menggambarkan keberagaman budaya dan orang Indonesia. Hal itu pun sebagai bentuk apresiasi terhadap rasa seni yang dimiliki siswa.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu dari rangkaian perayaan ulang tahun ke-81 SMAK St Albertus yang bertajuk St Albert Festival. Pembina organisasi siswa intra sekolah (OSIS) Nur Christian menyatakan, setiap tahun pihaknya memang rutin mengadakan kegiatan semacam itu. Namun, tema yang diusung berbeda. ”Tahun ini temanya ’Aku Indonesia’. Kalau tahun lalu kan lingkungan,” ujarnya.

Nur menyampaikan, tema tersebut dipilih bukan tanpa alasan. Salah satunya untuk menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus mendatang. Dia menambahkan, tema tersebut juga sebagai bentuk edukasi kepada para siswa tentang arti nasionalisme. ”Intinya, Indonesia itu beragam. Dan mereka bisa mewujudkannya dalam bentuk gambar,” jelasnya.


Nur menerangkan, perayaan ulang tahun kali ini memang berbeda dengan tahun lalu. ”Kami ingin membuat bulan Agustus ini merupakan bulannya kami (St Albertus). Jadi akan ada banyak kegiatan selama bulan ini,” jelasnya.

Contohnya, pada 7 Agustus akan ada perayaan Ekaristi (pesta nama pelindung). Kemudian, pada 17 Agustus mendatang juga ada serangkaian acara. ”Pagi ada upacara, siangnya kenduri, dilanjutkan dengan Malam Genitu (malam seni),” papar dia.

Nur mengungkapkan, adanya kegiatan-kegiatan seperti itu bisa menyeimbangkan antara pelajaran dengan seni dari siswa.

Pewarta: Fisca Tanjung
Penyunting: Kholid Amrullah
Copy Editor: Indah Setyowati
Foto: Darmono